Sering Dilakukan Anak Muda, 3 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Picu Stroke Saat Tua, Waduh!

  • Bagikan
BERITASEBELAS.COM, Jakarta —

Stroke termasuk salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia, selain jantung dan diabetes. Umumnya, penyakit ini menyerang manusia usia lanjut (manula). Tanda-tandanya dimulai dengan hilangnya kemampuan berbicara, kelumpuhan hingga hilangnya daya ingat.

Sebuah penelitian membuktikan, menerapkan pola hidup yang sehat dapat menurunkan risiko stroke sampai dengan 80 persen.  Namun, jarang disadari jika ada 3 kebiasaan yang sering dilakukan saat usia muda, tetapi dapat memicu stroke. Apa saja?

1. Merokok

Menurut organisasi kesehatan sedunia (WHO), merokok dapat meningkatkan risiko stroke sampai dua kali lipat. Nikotin yang terdapat pada rokok dapat meningkatkan tekanan darah sehingga pembuluh darah sangat rentan mengalami kerusakan.

Merokok juga dapat membuat pembuluh darah menebal sehingga mudah terbentuk plak pada pembuluh darah arteri. Kondisi ini tentu saja akan menganggu aliran darah ke otak dan sebagai konsekuensinya, seseorang menjadi lebih mudah menderita stroke.

2. Minuman berakohol

Meskipun ada penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi alkohol dalam jumlah sedikit dapat menurunkan risiko stroke, bukan berarti minuman beralkohol tidak berbahaya.

Risiko stroke baru akan meningkat bila minuman beralkohol dikonsumsi secara berlebihan (lebih dari dua gelas setiap hari). Peningkatkan risiko stroke ini terjadi seiring dengan peningkatan tekanan darah yang terjadi saat minuman beralkohol dikonsumsi secara berlebihan.

3. Mengorok saat tidur

Salah satu penyebab ngorok adalah terhentinya nafas sejenak beberapa kali saat tidur (sleep apnea). Kondisi ini dapat meningkatkan risiko stroke karena membatasi suplai oksigen dan darah ke otak. Sleep apnea juga meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

Artikel Asli

Sumber: herstory.co.id

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan