Tengah Hamil Tua, Ria Ricis Idap Diabetes Gestasional

  • Bagikan

Sedang hamil tua, dokter mendiagnosis Ria Ricis idap diabetes yang bisa membahayakan dirinya dan janin. Youtuber tersebut tengah menantikan kelahiran buah cintanya bersama Teuku Ryan.

Kandungannya telah menginjak usia 7 bulan, Ria Ricis mengumumkan bahwa janin yang dikandungnya tersebut berjenis kelamin perempuan. Kabar kondisi kesehatannya tersebut kini menjadi hal yang dikhawatirkan dirinya. Simak informasi selengkapnya berikut.

Kadar Gula Darah Ria Ricis Cukup Tinggi

Kehamilannya yang kini telah berusia 32 minggu, Ria Ricis mendapatkan kabar yang membuat dirinya khawatir. Sang dokter menyebut jika kadar gula darahnya cukup tinggi, sehingga ia disebut mengidap diabetes gestasional.

Selama pemeriksaan, dokter menyebut perlu adanya tindakan untuk mengontrol kadar gula dalam tubuhnya.

“Tapi, gulanya agak tinggi. Kondisi ini yang kita sebut sakit selama kehamilan,” tutur dokter kepada Ria Ricis mengutip dari Grid.id.

Sumber: instagram/riaricis1795

Menurut dokter, kondisi tersebut kemungkinan disebabkan karena hormon hamil yang sebabkan gangguan metabolisme gula. Demi kesehatannya, dokter pun menyarankan untuk melakukan diet.

“Kita pengennya gula kamu terkontrol sehingga gula adek bayinya oke. Jadi, tujuannya yakni mengurangi asupan gula yang kamu masukin. Biasanya dokter penyakit dalam menyarankan diet dulu,” jelas dokter.

Apa Itu Diabetes Gestasional?

Melansir alodokter, diabetes gestasional dikenal juga sebagai diabetes kehamilan. Kondisi tersebut biasa terjadi saat trimester kedua atau trimester ketiga.

Diabetes ini terjadi saat tubuh tidak memproduksi insulin yang cukup untuk mengontrol kadar glukosa (gula) darah selama kehamilan. Kondisi ini pun termasuk komplikasi kehamilan yang membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Artikel terkait: Gelar Acara Gender Reveal, Calon Anak Ria Ricis ternyata Perempuan!

Penyebab Diabetes Gestasional

Penyebab dari diabetes ini belum diketahui pasti, tetapi diduga karena produksi lebih hormon estrogen, HPL (human placental lactogen), growth hormone, kortisol selama masa kehamilan.

Meningkatnya jumlah hormon itu membuat tubuh kesulitan dalam memproses gula darah, atau disebut juga resistensi insulin. Akibatnya, kadar gulanya meningkat dan timbul keluhan diabetes gestasional.

Faktor Risiko dan Gejalanya

Adapun faktor yang memicu kondisi tersebut diidap oleh ibu hamil di antaranya:

Pernah alami diabetes gestasional di kehamilan sebelumnya. Memiliki keluarga yang punya riwayat diabetes. Pada kehamilan sebelumnya melahirkan bayi dengan berat badan lebih dari 4,5 kg. Punya riwayat hipertensi.

Sedangkan, untuk gejala umumnya muncul ketika kadar gula sudah terlalu tinggi. Biasanya penderita akan merasakan mulut kering, penglihatan buram, sering kehausan, frekuensi buang air kecil meningkat, dan cepat lelah.

Akan tetapi, beberapa gejala tersebut biasa dialami ibu hamil. Sehingga bila merasakan gejala umumnya, dianjurkan berkonsultasi kepada dokter dan lakukan pemeriksaan rutin.

Diabetes yang tengah diidap Ria Ricis ini memang mengkhawatirkan kondisi sang bayi dan ibu. Apabila Parents merasakan beberapa gejalanya, segeralah lakukan konsultasi dengan dokter, ya.

Heboh Ria Ricis Split Saat Hamil 8 Bulan, Warganet Dibuat Ngilu!

Ria Ricis Umumkan Hamil Anak Pertama, Rasakan Banyak Perubahan di Awal Kehamilan

Artikel Asli

Sumber: theasianparent.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan