Waspada, Gelombang Sangat Tinggi hingga 6 Meter Terjadi di Selatan Jawa Barat-NTB

  • Bagikan

JAKARTA, BERITASEBELAS.COM - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang sangat tinggi hingga 6 meter pada 21-22 Juni 2022. Gelombang ini berpotensi terjadi di Samudera Hindia Selatan Jawa Barat-NTB.

“Gelombang yang sangat tinggi di kisaran 4.0 - 6.0 meter berpeluang terjadi di Samudera Hindia Selatan Jawa Barat - NTB,” kata BMKG dalam rilis yang diterima, Selasa (21/6/2022).

BACA JUGA:
Awas! Gelombang Tinggi hingga 6 Meter Ancam Perairan Selatan Jawa Tengah

BMKG mengatakan hal ini dipengaruhi oleh adanya pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Tenggara - Selatan dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur - Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 - 25 knot. 

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Karimata, Laut Jawa, Laut Banda, perairan selatan Jawa dan Laut Arafuru,” paparnya.

BACA JUGA:
Waspada, Gelombang Sangat Tinggi hingga 6 Meter Terjadi di Perairan Jawa Tengah–Bali

Kondisi ini juga menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang setinggi 1.25 - 2.5 meter di perairan utara Sabang, perairan Bengkulu, Teluk Lampung bagian selatan, Selat Ombai, perairan selatan Flores, perairan Kupang - Rote, Laut Natuna Utara, Selat Karimata, perairan P. Bangka - Belitung, Selat Gelasa, perairan timur Bintan - Kep. Lingga, Laut Jawa, perairan selatan Kalimantan, perairan Kota Baru.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman Selanjutnya Halaman : 1 2 TAG : gelombang tinggi gelombang sangat tinggi gelombang gelombang laut perairan jawa barat nusa tenggara barat

Bagikan Artikel:
Share Share






Artikel Asli

Sumber: inews.id

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan