Anak Bungsu Parents Laki-laki? Ini 7 Fakta Karakter yang Dimilikinya

  • Bagikan

Anak merupakan perhiasan sangat berharga dalam perjalanan pernikahan, pun rumah tangga. Namun, tentunya setiap anak memiliki karakter yang berbeda meskipun terlahir dari rahim yang sama. Anak pertama hingga anak bungsu memiliki sifat dan ciri khasnya sendiri. Nah, bagaimana karakter anak bungsu laki-laki?

7 Fakta Anak Bungsu Laki-Laki

Manja menjadi ciri khas karakter si bungsu, tetapi apakah ini juga merupakan karakter pada anak bungsu yang berjenis kelamin laki-laki? Oleh karena itu, simak fakta-fakta berikut ini mengenai anak bungsu laki-laki.

1. Kemanjaan yang Tak Lekang oleh Waktu

Anak bungsu kerap melekat dengan sebutan si anak manja. Sifat manjanya memang sudah menjadi bawaan sejak lahir. Apalagi jika di keluarga, anak laki-laki ini adalah salah satu-satunya, kehadirannya yang paling terakhir menjadikannya pribadi yang lebih diperhatikan.

Meskipun laki-laki, sifat manjanya tentu karena kebungsuannya. Namun biasanya, sifat manjanya ini lebih diarahkan kepada ibu sampai beranjak dewasa.

Si bungsu laki-laki akan selalu ingin diperhatikan dan diperlakukan lebih dari kakak-kakaknya yang lainnya. Biasanya hampir di semua keluarga akan mengalami hal ini.

2. Selalu Mendapat yang Diinginkan

Lantaran sifat manjanya ini membuat anak bungsu selalu ingin dituruti kemauannya. Beberapa anak memang akan mendapatkan apa yang diinginkannya. Namun ada sebagian orang tua tidak selalu memanjakan anak bungsunya dengan tidak selalu memberikan dan memenuhi keinginnya.

Sebagai orang tua memang perlunya bersikap adil kepada semua anak-anak agar tidak ada kesenjangan dan bahkan rasa iri hati.

Artikel terkait: Jadilah Ayah panutan dengan ajarkan 4 hal penting ini kepada anak laki-laki 3. Anak Bungsu Laki-Laki Memiliki Jiwa Muda dan Optimis

Menjadi anak bungsu biasanya akan lebih diberikan kebebasan dan tidak mendapatkan beban berat. Makanya ia akan terbiasa berpikir lebih bebas serta berbuat sesukanya.

Kebebasan tersebutlah yang akan membuatnya optimis mencapai segala pemikiran dan asanya. Dengan kebebasan itu pula, serta jiwa mudanya membuat anak bungsu laki-laki selalu percaya akan mendapatkan apa yang ingin dicapainya.

4. Berpikir Positif dan Menyukai Tantangan

Menyukai tantangan adalah karakter unik yang dimiliki anak bungsu laki-laki. Hal ini dijadikan sebagai sarana untuk memperlihatkan jiwa muda serta keoptimisannya. Saat ia berhasil melewati tantangan, maka ia dapat memecahkan pandangan mengenai kemanjaannya.

Selain itu, anak bungsu laki-laki akan lebih berpikir positif dan memandang sesuatu dengan sisi lain. Terbiasa tanpa beban dan pengharapan orang tua, membuat si bungsu laki-laki ingin melakukan hal-hal yang baru dan penuh dengan tantangan. Serta memilki pemikiran yang luar dan tidak hanya memandang suatu pemersalahan hanya dari satu sisi.

5. Pencemburu, Karakter yang Dimiliki Anak Bungsu Laki-Laki

Jika Anda memiliki pasangan anak bungsu laki-laki, bersiaplah dengan sifat cemburuannya. Ia tidak akan bisa melihat orang terdekat atau pasangannya berpaling dan memperhatikan orang lain selain dia. Si bungsu laki-laki ini akan langsung memasang raut muka cemberut.

6. Paling Dewasa Saat Ada Masalah dengan Keluarga atau Teman

Fakta unik lainnya yang dimiliki anak bungsu adalah bisa menjadi sangat dewasa jika ada masalah keluarga ataupun dengan temannya. Tak jarang, anak bungsu laki-laki ini menjadi penasihat keluarga atau teman terdekatnya. Ia akan sangat bijak dalam memberikan masukan dan saran bagi keluarga dan juga teman-temannya.

7. Memiliki Sifat Cuek

Biasanya anak bungsu laki-laki tidak pernah mau ikut campur dengan urusan yang tidak ada sangkut pautnya dengan dia. Makanya, ia akan terlihat cuek, karena lebih fokus dengan hal-hal yang menarik perhatiannya.

Akan tetapi, jika dibutuhkan terhadap sesuatu permasalahan, si bungsu laki-laki tidak sepenuhnya cuek, dia akan welcome. Seperti fakta yang sebelumnya bahwa ia akan menjadi sangat dewasa. 

Artikel terkait: 7 Hal yang Harus Dilakukan Ayah Untuk Anak Laki-laki Karakter Anak Bungsu secara Ilmu Psikologi

Sejauh ini, label mengenai anak bungsu yang sudah dibahas sebelumnya memang banyak dipercaya oleh para orang tua. Sebetulnya karakter anak bungsu ini sudah diteliti dan ditulis oleh pakar psikologi yakni Alfred Adler, pada tahun 1927.

Adler memiliki teori bahwa karakteristik anak akan sedikit banyak dapat diprediksi berdasarkan urutan kelahirannya. Menurutnya, fakta anak bungsu memiliki karakteristik yang positif, di antaranya:

Memiliki jiwa sosial yang cukup tinggi Punya rasa percaya diri Kreatif Memiliki kemampuan yang baik dalam menyelesaikan masalah Manipulatif dalam hal positif

Pandangan Adler mengenai karakter anak bungsu mendukung teori sebelumnya yang mengatakan bahwa anak bungsu cenderung terlihat menawan dan lucu. Adler juga menyebut beberapa karakter anak bungsu yang negatif, seperti:

Dicap nakal Suka melakukan hal-hal kecil yang berisiko tinggi Lebih suka bertindak implusif dan kurang memikirkan efek negatif dari tindakan yang dilakukaknnya Tingkat kecerdasannya biasanya di bawah kakak-kakaknya Kurang mandiri, apalagi jika orangtuanya selalu memanjakannya Artikel terkait: 8 Fakta Anak Pertama Laki-laki, Sesuaikah Karakternya dengan Jagoan

Parents, itulah 7 fakta mengenai karakteristik anak bungsu laki-laki. Namun, sebagai orang tua, tetaplah menjadi pendidik yang baik untuk anak-anak agar kelak mereka menjadi anak yang memiliki sifat dan karakteristik baik. Sebab, sifat ataupun karakter seseorang tidak selalu berdasakan urutan kelahiran, tetapi dipengaruhi juga oleh pola asuh dan lingkungan.

Jangan Diabaikan, Ini 5 Manfaat Konsumsi Brokoli untuk Ibu Menyusui!

Doa dan Ikhtiar yang Bisa Diamalkan Agar Hamil Anak Perempuan

6 Essential Oil untuk Ibu Hamil Terbaik di 2022, Bikin Rileks dan Bebas Stres

Artikel Asli

Sumber: theasianparent.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email beritasebelascom@gmail.com.
  • Bagikan