Polda Metro Jaya dalami Kasus Roy Suryo soal Meme Stupa

  • Bagikan
X

BERITASEBELAS.COM - Polda Metro Jaya memastikan bahwa kasus penyelidikan terkait kasus meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah ditingkatkan ke tahap penyidikan. Salah satunya mengenai laporan atas Roy Suryo.

Kombes Pol Endra Zulpan melihat adanya unsur pidana di dalam unggahan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu dan diduga telah melanggar hukum.

"Adapun pasal yang disangkakan terkait dengan kasus ini adalah Pasal 28 Ayat 2 jo Pasal 45 (a) Ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik dan atau Pasal 156 (a) KUHP dan atau Pasal 15 undang-undang Nomor 1 Tahun 1945 tentang peraturan hukum pidana," ungkap Zulpan di Polda Metro Jaya, Rabu (29/6).

Atas unggahan tersebut, polisi menilai Roy Suryo telah melakukan tindak pidana dugaan penistaan agama yang menyinggung umat Buddha di seluruh dunia.

Adapun dua laporan yang telah diterima Polda Metro dengan terlapor atas nama Roy Suryo yaitu dari pelapor Kurniawan Santoso dan pelapor bernama Kevin Wu di Bareskrim Polri.

"Polda Metro telah melakukan pemeriksaan terkait dengan adanya laporan polisi yang kami terima yaitu LP B/3042/VI/2022/SPKT/ Polda Metro Jaya atas nama pelapor Kurniawan Santoso dan limpahan laporan polisi dari bareskrim POLRI LP/B/0293/VI/ 2022/ SPKT/Bareskrim Polri tanggal 20 Juni tahun 2022, atas nama pelapor Kevin Wu," ungkap Zulpan.

Artikel Asli

Sumber: genpi.co

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].
  • Bagikan