Profil Marsda TNI Minggit Tribowo, Penerbang Pesawat Tempur yang Jadi Danseskoau

  • Bagikan
X
JAKARTA - Mutasi dan promosi jabatan di jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali bergulir. Terbaru, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa merotasi sejumlah perwira tinggi (Pati) TNI di tiga matra baik di Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU).

Salah satu Pati TNI AU yang dimutasi adalah, Marsda TNI Minggit Tribowo. Dia dipercaya menjadi Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Danseskoau) menggantikan Marsda TNI Widyargo Ikoputra.

Sebelumnya, Minggit Tribowo menjabat sebagai Pangkoopsud II yang bertanggung jawab terhadap kedaulatan udara Indonesia bagian tengah meliputi, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sulawesi, dan sebagian Kalimantan.

Baca juga: Dimutasi Jenderal Andika Perkasa, Ini Daftar 23 Jenderal yang Tinggalkan TNI

Mutasi Marsda TNI Minggit Tribowo tercantum dalam SK (SK) Panglima TNI Nomor Kep/558/VI/2022 tertanggal 27 Juni 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Dalam kebijakan ini, total ada 180 perwira yang dimutasi.

Minggit merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) 1991. Pria kelahiran Kelaten, Jawa Tengah, 9 Maret 1969 ini mengawali kariernya sebagai penerbang tempur OV-10F Bronco di Skadron Udara 1 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur selama 13 tahun.



Baca juga: Mutasi TNI, Mantan Ajudan Jokowi Melesat Bintang 3

Pemilik callsign “Snapper” ini kenyang dengan pengalamannya mengawaki pesawat tempur Hawk buatan British Aerospace (BAE), Inggris. Terbukti, Minggit merupakan penerbang tempur yang pernah meraih 1.000 jam terbang dengan pesawat Hawk 100/200 tersebut.

Pesawat Hawk 200 merupakan pesawat tempur canggih dan modern yang pernah memperkuat alutsista TNI AU. Pesawat ini didesain untuk melaksanakan misi "air to ground attack" atau penyerangan ke darat. Pesawat ini juga mampu melesat 1,2 kali kecepatan suara, atau setara 1.470 kilometer per jam dengan membawa berbagai persenjataan.

Lihat Juga: 10 Pati TNI AU Naik Pangkat, Dankopasgat Marsda Taspin Hasan Resmi Bintang 2

Artikel Asli

Sumber: sindonews.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].
  • Bagikan