5 Fakta Menarik Kuala Kencana, Kawasan Modern di Timika

  • Bagikan
X

BERITASEBELAS.COM Kuala Kencana adalah sebuah distrik di Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua. Kota mandiri yang berjarak 15 Menit dari Timika ini, diresmikan oleh pada 5 Desember 1995.

Dihimpun BERITASEBELAS.COM dari berbagai sumber, berikut fakta-fakta menarik Kuala Kencana yang perlu diketahui.

1. Kota kecil yang memiliki fasilitas lengkap Meskipun berada di dalam hutan yang dipenuhi pepohonan, Kuala Kencana adalah sebuah kota yang modern dengan beragam fasilitas. Selain gedung perkantoran dan tempat tinggal miliki PT Freeport, di Kuala Kencana juga terdapat lapangan sepak bola, lapangan bulu tangkis indoor, lapangan futsal indoor, kolam olimpiade, lapangan golf, hingga pusat perbelanjaan.

2. Tidak bisa dimasuki sembarang orang Perlu diketahui bahwa Kuala Kencana bukanlah sebuah tempat wisata yang bisa dikunjungi siapa saja. Untuk memasuki kawasan ini setiap orang harus menunjukkan identitas ataupun surat izin. Para penjaga juga menjalankan sejumlah pengawasan ketat pada daerah perbatasan Timika-Kuala Kencana.

3. Memiliki sistem utilitas bawah tanah Distrik di Papua ini disebut sebagai kota pertama yang memiliki sistem utilitas bawah tanah, mulai dari listirk, air, hingga jaringan komunikasi. Selain itu Kuala Kencana juga memiliki sistem pengolahan limbah.

4. Gaya perumahan ala barat Berbeda dari rumah di Indonesia, gaya rumah di Kuala Kencana lebih mirip rumah-rumah di Eropa. Rumah-rumah yang dibangun tanpa pagar tampak memiliki halaman luas dengan susunan perumahan yang rapi. Beberapa pemukiman di Kuala Kencana di antaranya, RW A atau Bumi Satwa Indah, RW B atau Tirta Indah. 

Artikel Asli

Sumber: akurat.co

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].
  • Bagikan