Anggota DPR: Butuh Sinergi antar Lembaga Atasi Persoalan TPPO

  • Bagikan
X

BERITASEBELAS.COM - Anggota Komisi III DPR RI Didik Mukrianto menilai dibutuhkan sinergi antar-lembaga dalam mengatasi persoalan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) karena banyak masalah di balik kasus tersebut yang harus diatasi.

Dia menilai dalam mengatasi persoalan TPPO, pemerintah tidak bisa bicara soal kasus per kasus, tetapi kejahatan ini adalah seperti fenomena gunung es.

"Banyak masalah di balik kasus itu yang harus diselesaikan, seperti kemiskinan, pendidikan rendah, patriarki, gender, penegakan hukum, dan keseriusan pemerintah khususnya sinergi antara lembaga yang utuh," kata Didik di Jakarta, Senin (1/8/2022).

Didik mengatakan, kasus TPPO saat ini masih sangat mengkhawatirkan dan pada umumnya korban adalah perempuan dan anak-anak, dengan modus-modusnya semakin beragam.

"Selain itu diperlukan juga pemberdayaan ekonomi masyarakat, dan peningkatan pendidikan termasuk pendidikan moral," katanya.

Dia menilai TPPO merupakan kejahatan kemanusiaan yang bersifat sindikat dengan akar penyebab masalah yang kompleks, beragam dan terus berkembang.

Artikel Asli

Sumber: merdeka.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].
  • Bagikan