Arifin Tasrif Sebut Pembangunan Smelter PT Freeport Indonesia di Gresik Capai 34,9 Persen

  • Bagikan
X

BERITASEBELAS.COM Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyebut progres pembangunan smelter PT Freport Indonesia (PTFI) yang terletak di kawasan Java Integrated and Industrial Port Estate (JIIPE) di Gresik, Jawa Timur berjalan cukup baik.

"Dari yang terukur, progres (pembangunan) lebih cepat dari yang ditargetkan. Sudah mencapai 34,9 persen di akhir Juni 2022, dengan biaya yang dikeluarkan lebih dari US$1,15 miliar," ujar Arifin dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (1/8/2022).

Arifin menyebut, saat ini sudah terdapat 10.500 titik tiang pancang serta berlangsung pula pengecoran (concrete pouring) untuk pondasi struktur.

"Ditargetkan akhir tahun 2022 mencapai 50 persen. Kami harapkan di kuartal II 2023 konstruksi sudah selesai, terutama proyek smelting eksisting yang ekspansi," ujarnya.

Guna mendukung pembangunan smelter tersebut, dilakukan rekrutmen pekerja konstruksi sebanyak 3.500 orang, yang terdiri dari 98 persen tenaga kerja Indonesia, 50 persen di antaranya tenaga kerja lokal Jawa Timur. Hal ini diharapkan untuk menjaga akselerasi progres tersebut sedini mungkin. 

"Proyek pembangunan harus tetap on progress. Untuk itu, kebutuhan tenaga kerja lokal akan dioptimalkan," ungkapnya.

Artikel Asli

Sumber: akurat.co

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].
  • Bagikan