Besok, KPU Bisa Mulai Verifikasi Administrasi Parpol yang Lengkap Berkas Pendaftarannya

  • Bagikan
X
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) memastikan akan mulai melakukan tahapan verifikasi administrasi partai politik calon peserta Pemilu 2024 pada Selasa (2/8/2022). Anggota KPU RI Idham Holik menjelaskan, berdasarkan lampiran 1 PKPU Nomor 4 Tahun 2022, verifikasi administrasi bisa dilakukan satu hari setelah ada parpol yang dinyatakan lengkap.

Diketahui, pada hari pertama, terdapat 6 parpol yang berkasnya telah lengkap. "Maka mulai tanggal 2 Agustus sampai dengan tanggal 11 September 2022, kami akan melakukan verifikasi administrasi," kata Idham dalam jumpa persnya di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (1/8/2022).

Selanjutnya, kata dia, pada Minggu 14 September 2022, KPU akan mengumumkan kepada publik terkait hasil verifikasi administrasi tersebut. "Jadi verifikasi administrasi akan kami mulai besok bagi partai yang dinyatakan lengkap, yang pendaftarannya telah dilakukan pada hari ini, pada hari pertama," ujarnya.

Baca juga: KPU Sebut Pemeriksaan Berkas Pendaftaran Parpol Paling Cepat 8 Jam



Sebelumnya, Idham menyampaikan bahwa ada enam dari sembilan parpol yang mendaftar hari ini, berkas pendaftarannya telah dinyatakan lengkap. Keenam parpol yang berkasnya lengkap yakni, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), PDI Perjuangan, PKS, PKP, Nasdem, dan PBB. "Selebihnya yang lain masih kami masih proses," tuturnya.

Lihat Juga: KPU: Berkas Pendaftaran Partai Perindo Dinyatakan Lengkap (rca)

Artikel Asli

Sumber: sindonews.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].
  • Bagikan