Cerita Jokowi Bahas Ketersediaan Gandum saat Kunjungan ke Ukraina dan Rusia

  • Bagikan
X

JAKARTA, BERITASEBELAS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menceritakan pengalamannya saat mengunjungi Ukraina dan Rusia beberapa waktu lalu. Alasan Jokowi mengunjungi kedua negara tersebut dalam rangka misi perdamaian.

Awalnya Jokowi membahas mengenai kenaikan pangan di negara-negara lain hingga 50 persen. Gandum yang menjadi makanan pokok warga negara lain dan mengalami kenaikan akibat perang di Ukraina.

Bahkan kata Jokowi, harga yang sudah melambung itupun belum dapat dipastikan ketersediaan gandumnya. Hal itupun Jokowi tanyakan langsung kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. 

Dalam pertemuannya dengan Zelensky, Jokowi berbincang hampir 1,5 jam. Lalu melanjutkan perjalanannya menuju Moskow untuk bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Pindah ke Moskow ketemu Presiden Putin cerita juga ada stok gandum di Rusia 130 juta ton. Berarti Ukraina plus Rusia jumlah stok gandum ada 207 juta ton, bukan 207 ton tapi 207 juta ton," tuturnya.

Jokowi pun mengungkapkan karena jutaan ton gandum tidak bisa didistribusikan akibat perang, maka ratusan juta orang pun mengalami kelaparan. 

Artikel Asli

Sumber: inews.id

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].
  • Bagikan