Jenis dan Jadwal Imunisasi untuk Balita, Jangan Sampai Terlewat!

  • Bagikan
X

Salah satu cara terbaik untuk melindungi anak dari penyakit mematikan adalah melalui imunisasi atau vaksinasi. Oleh karena itu, sebaiknya Parents mengetahui jenis-jenis dan jadwal imunisasi untuk balita yang tepat.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), tubuh kita mencegah penyakit dengan sistem kekebalan tubuh (imunitas). Namun, sistem kekebalan tubuh bayi dan balita masih berkembang dan mungkin belum sesempurna orang dewasa sehingga berisiko lebih besar terkena infeksi berbagai virus dan penyakit.

Dengan demikian, anak membutuhkan vaksin. Vaksin akan mengurangi risiko infeksi pada anak dengan bekerja bersama pertahanan alami tubuh untuk membantu mengembangkan perlindungan terhadap penyakit dengan aman.

Vaksin menggunakan jumlah antigen yang sangat kecil untuk membantu sistem kekebalan anak mengenali dan mempelajari bagaimana melawan penyakit serius.

Parents tidak perlu khawatir dengan keamanan dan keselamatan dalam penggunaan vaksin karena vaksin saat ini diproduksi hanya menggunakan bahan-bahan yang dibutuhkan agar seaman dan seefektif mungkin.

Semua bahan yang terkandung dalam vaksin memainkan peran yang diperlukan untuk memicu tubuh mengembangkan kekebalan terhadap penyakit tertentu. Berbagai jenis vaksin bekerja dengan cara yang berbeda untuk memberikan perlindungan. Dengan semua jenis vaksin, tubuh pun akan mengingat cara ‘bertarung’ melawan virus dan penyakit.

Artikel Asli

Sumber: id.theasianparent.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].
  • Bagikan