Kronologi Kemerdekaan Indonesia yang Berlangsung 77 Tahun Silam, Yuk Simak

  • Bagikan
X

BERITASEBELAS.COM - Dalam hitungan hari, kita akan merayakan kemerdekaan RI ke-77. Bagaimana kronologi kemerdekaan Indonesia? Apakah kalian semua sudah tahu? Yuk simak kembali perjuangan para pahlawan dalam mencari kemerdekaan berikut ini.

Perjuangan rakyat Indonesia untuk memperoleh kemerdekaan sudah dimulai sejak pembentukan BPUPKI pada tanggal 1 Maret 1945. Hal ini ditentukan juga oleh pemboman Hiroshima dan Nagasaki oleh sekutu.

Pada akhirnya perjuangan rakyat Indonesia mencapai puncaknya pada 17 Agustus 1945 yang ditandai dengan adanya Proklamasi Kemerdekaan Indonesia oleh Ir. Soekarno.

Beberapa rangkaian penting tersebut kini dikenang dalam sejarah dan mudah dipahami jika dipelajari secara berurutan. Masih dari sumber yang sama, berikut kronologi kemerdekaan Indonesia.

Kronologi Kemerdekaan Indonesia

1 Maret 1945 : Pembentukan BPUPKI6 Agustus 1945 : Hiroshima di bom atom oleh Sekutu7 Agustus 1945 : Pembentukan PPKI9 Agustus 1945 : Nagasaki di bom atom oleh Sekutu12 Agustus 1945 : Soekarno dan Hatta bertemu Marsekal Hisaichi Terauchi di Dalat15 Agustus 1945 : Tiba kembali di Indonesia,16 Agustus 1945 : Peristiwa Rengasdengklok,17 Agustus 1945 : Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.Menilik kronologi di atas, secara garis besar dapat kita simpulkan bahwa perjuangan pahlawan kemerdekaan sangat panjang dan tak mudah.

Artikel Asli

Sumber: suara.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].
  • Bagikan