Asal Usul Jelangkung, Datang Tak Dijemput Pulang Tak Diantar

  • Bagikan
X

BERITASEBELAS.COM - Berikut asal usul Jelangkung. Baru-baru ini sempat viral di media sosial video Dua pengemudi ojek online (ojol) bercanda memanggil makhluk halus dengan permainan jelangkung.

Hal ini dilakukan oleh kedua pengemudi tersebut karena diduga sepi orderan atau dikenal anyep di kalangan ojol. Apakah jalangkung itu ada? Apakah kamu pernah mencoba permainan jelangkung dan merasa bahwa si "boneka" benar-benar bergerak, kok bisa ya? Makanya simak terus asal usul Jelangkung.

Konon katanya ini adalah Permainan supernatural tradisional Nusantara yang memiliki asal usul luar biasa yang bersifat ritual. Permainan yang bersifat ritual supernatural ini ternyata tidak hanya ada di Indonesia, tapi pula di luar negeri dengan nama "Charlie Charlie Challenge". Ini dia asal usul Jelangkung.

Jika jelangkung pada umumnya menggunakan boneka yang terbuat dari tempurung kelapa atau jangka pada perkembangannya, maka "Charlie Charlie Challenge" menggunakan dua pensil yang bertumpuk saling menyilang.

Kalau jalangkung sendiri biasanya dibuat dari sebuah gayung air yang umumnya terbuat dari tempurung kelapa yang didandani pakaian dan bergagang batang kayu.

Saat pemanggilan itu dilakukan ada mantra yang terisi dengan irama tertentu. “Jelangkung..jelangkung, datanglah ke pestaku. Datang tak dijemput, pulang tak di antar. ” Demikian bunyi syair yang datang akan mendatangkan roh itu.

Artikel Asli

Sumber: sewaktu.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].
  • Bagikan