Ikuti Titah Jokowi, Mentan Siap Tanam Jagung di Kalimantan, Papua dan NTB

  • Bagikan
X

BERITASEBELAS.COM, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyampaikan bahwa ia siap melaksanakan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam melakukan penanaman jagung di wilayah Papua Barat, NTT, Maluku Utara dan Kalimantan Utara.

Soal lahan, total luas area yang akan ditanam nantinya mencapai 141.000 hektare dan 86.000 diantaranya merupakan lahan baru. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan produksi dari hulu sampai ke pasar.

"Hari ini kami dapat kepastian dari Bapak Presiden untuk melakukan upaya-upaya peningkatan produksi dari hulu, pasca panen sampai dengan offteker atau marketnya," papar Mentan seusai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi dan Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto pada Senin (1/8/2022).

Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa semua lahan intensifikasi maupun lahan ekstensifikasi akan dilakukan pengolahan secara maksimal. Kementan nantinya akan menyiapkan berbagai perlengkapan seperti mesin dryer, alat tanam maupun alat panen.

" Sehingga toksin dan lain-lain bisa dikurangi sampai kadar air yang tadinya di atas 20 bisa jadi 14. Dengan begitu produksi kita sangat layak untuk di market atau di industrikan," ucapnya.

Syahrul Yasin Limpo menjelaskan bahwa selama ini produksi jagung nasional menunjukan perkembangan yang cukup bagus. Bahkan di tiga tahun terakhir ini, Indonesia mampu mencukupi kebutuhannya sendiri. Jadi bukan hanya beras yang sudah sukses tidak impor, melainkan jagung juga tak lagi impor.

Artikel Asli

Sumber: akurat.co

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].
  • Bagikan