Moms Catat! Ini 4 Tanda Darah Rendah Pada Anak, Nomer 3 Paling Mudah Diketahui, Tiati Ya!

  • Bagikan
X

BERITASEBELAS.COM, Jakarta — Penyakit apapun bisa menjangkit siapapun dan tak memandang umur lho Moms. Sama halnya dengan darah rendah atau anemia. Namun yang menjadi masalah adalah indikasi anemia pada anak kadang susah sekali diketahui karena anak mudah terkena penyakit lain.

Darah rendah merupakan kondisi dimana jumlah sel-sel darah merah didalam tubuh menurun dibawah normal. Kondisi ini disebabkan karena tubuh kekurangan zat besi. 

Namun, ibu tak perlu khawatir karena hal ini bisa diatasi atau diobati segera jika terdeteksi secara dini. Maka dari itu ibu wajib tahu tanda darah rendah pada anak agar ibu bisa melakukan deteksi dini.

Melansir halaman halodoc, berikut beberapa tanda darah rendah pada anak yang wajib pasrents ketahui:

1. Kulit berwarna pucat atau menguning Kulit yang terlihat menguning atau pucat merupakan salah satu tanda anak mengalami darah rendah atau anemia. Hal ini terjadi karena penghancuran sel darah merah lebih cepat dibandingkan dengan pembentukannya (anemia hemolitik).

2. Air kencing berwarna hitam Jika urin atau air kencing anak yang keluar berwarna gelap atau hitam, ini adalah salah satu tanda tekanan darah rendah pada anak-anak. Sistem imun tubuh menyerang sel darah merah yang sehat sebagai penyebabnya. Ketika dikeluarkan dari tubuh, sel darah merah bercampur dengan urin dan berubah menjadi gelap atau bahkan merah seperti darah.

Artikel Asli

Sumber: herstory.co.id

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].
  • Bagikan