Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Perbedaan Gado-gado, Lotek, Ketoprak, Karedok, dan Pecel

  • Bagikan
X

BERITASEBELAS.COM, Indonesia memang memiliki ragam kuliner yang sangat banyak dengan cita rasa lezat serta mampu menggugah selera. Di setiap daerah juga memiliki jenis kulinernya masing-masing, salah satunya adalah makanan berbahan dasar sayuran seperti gado-gado, lotek, ketoprak, karedok, dan pecel. 

Tentunya sudah tidak asing lagi dengan kelima makanan tersebut. Namun bagi sebagian orang masih sulit membedakan makanan tersebut karena sama-sama berbumbu kacang dan berbahan dasar sayuran. Lalu apa saja perbedaan antara gado-gado, lotek, ketoprak, karedok, dan pecel?  

1. Gado-gado Instagram/@claudiathe70 Gado-gado merupakan makanan khas Jakarta yang berisi aneka sayuran rebus seperti selada, kentang, tempe, tahu, dan telur serta lontong. Makanan ini biasa disajikan dengan taburan bawang goreng dan juga kerupuk atau emping. Gado-gado khas Jakarta juga memiliki perbedaan dengan gado-gado daerah lainnya yang membedakannya adalah isian sayur yang digunakan. Di daerah lain ada juga yang menambahkan wortel rebus dan juga mentimun. 

2. Lotek    Instagram/@lusi_prasetya Sama halnya dengan gado-gado, lotek juga menggunakan sayur yang telah direbus. Perbedaan mendasar pada lotek dan gado-gado adalah sayur rebus yang digunakan, lotek menggunakan bayam, kol atau kubis, dan tauge. Sementara pada bumbu kacang, ada rasa khas yakni penambahan kencur saat pengulekan bumbunya. Ada juga yang menambahkan teras dan, gula merah, bawang putih, dan air asam Jawa sebagai penambah rasa pada bumbu kacang. 

3. Ketoprak Instagram/@yunitaanwar Makanan yang populer dan banyak dijumpai di kawasan Jakarta dan Cirebon, Jawa Barat. Bahan yang digunakan dalam pembuatan ketoprak adalah bihun rebus, ketupat, tahu, dan tauge. Kemudian disiram dengan bumbu kacang kental, kecap, bawang, goreng, dan kerupuk. Makanan ini mudah sekali dijumpai di pedagang pinggir jalan menggunakan gerobak. 

4. Karedok   Instagram/@alunrahma Karedok adalah makanan khas Sunda yang juga menggunakan bahan utama berupa sayuran. Akan tetapi sayur yang digunakan dalam karedok yakni sayuran mentah seperti tauge, mentimun, kol, kacang panjang, tauge, terong dan daun kemangi. Sekilas mirip salad karena menggunakan sayuran mentah, namun karedok disiram dengan bumbu kacang dan disantap bersama kerupuk. 

Artikel Asli

Sumber: akurat.co

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].
  • Bagikan