10 Masjid Tertua di Indonesia, Masih Kokoh Hingga saat Ini!

  • Bagikan
X

Indonesia menjadi salah satu negara yang kaya akan warisan leluhurnya. Salah satunya adalah masjid yang dibangun sejak ratusan tahun silam. Meski usia bangunannya sudah sangat tua, namun sejumlah masjid tertua di Indonesia ini masih dirawat dengan baik. Sehingga tetap berdiri kokoh dan banyak dijadikan tempat wisata wajib di bulan Ramadhan.

Sebagai agama mayoritas, Islam sendiri masuk ke nusantara sejak abad ke-11. Sehingga tak heran jika banyak bangunan masjid yang sudah lama dibangun oleh para leluhur terdahulu. Salah satu di antaranya adalah Masjid Agung Demak di Jawa Tengah, yang sampai saat ini masih dipercaya sebagai tempat berkumpulnya para ulama.

Selain itu, ada pula deretan masjid lainnya yang usia bangunnya sudah sangat tua. Penasaran ada apa saja dan berlokasi di mana saja? Berikut kami rangkumkan 10 masjid tertua di Indonesia dalam ulasan di bawah ini.

10 Masjid Tertua di Indonesia 1. Masjid Saka Tunggal (1288) Masjid tertua di Indonesia yang pertama adalah Masjid Saka Tunggal. Lokasi masjid ini berada di Desa Cikakak, Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Usia masjid ini diketahui sudah mencapai 733 tahun, lo! Hal ini terlihat jelas dari tiang utama masjid yang dibangun sejak tahun 1288 oleh salah satu ulama bernama Kyai Mustolih.

Sesuai dengan namanya, yang menjadi ciri khas dari masjid ini adalah adanya satu tiang di bagian tengah, di mana tiang tersebut menggambarkan Ketuhanan yang Maha Esa bahwa Allah SWT itu satu.

Artikel Asli

Sumber: id.theasianparent.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].
  • Bagikan