9 Manfaat USG Terakhir Sebelum Melahirkan dan Waktu Terbaik Melakukannya

  • Bagikan
X

Pemeriksaan kehamilan bertujuan untuk meningkatkan kesehatan ibu dan bayi secara keseluruhan dan untuk mengidentifikasi, mencegah, dan/atau mengelola komplikasi atau masalah yang timbul. Penting sekali untuk melakukan pemeriksaan kehamilan rutin sejak trimester pertama hingga menjelang persalinan. Termasuk melakukan USG terakhir sebelum melahirkan. 

Ultrasonografi kehamilan atau USG adalah tes yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk menggambarkan bayi yang sedang berkembang serta organ reproduksi ibu. Jumlah rata-rata USG bervariasi dengan setiap kehamilan. Hal ini bisa saja terkait dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti asma dan obesitas.

Kebanyakan ibu hamil melakukan pemeriksaan USG pada trimester kedua, sekitar pada 18 sampai 20 minggu kehamilan. Namun tak jarang, beberapa perempuan juga melakukan USG di trimester pertama, sebelum 14 minggu kehamilan. 

Seperti diketahui, pemeriksaan USG dapat memberikan informasi diagnostik yang sangat penting tentang bayi yang sedang berkembang, termasuk memastikan kehamilan dan usia kehamilan. Selain itu, memeriksa kehamilan ganda, kelainan kongenital, dan/atau masalah dengan plasenta, memantau posisi janin, pertumbuhan janin, dan tingkat cairan ketuban. Bahkan, ultrasonografi yang digunakan selama kehamilan dapat memeriksa perkembangan bayi dan membantu mendeteksi kelainan seperti Down Syndrome.

Artikel Terkait: Berapa Kali Ibu Hamil Boleh Melakukan USG Kehamilan?

Kapan USG Terakhir sebelum Melahirkan Dilakukan?  Waktu pemeriksaan USG akan tergantung pada dokter atau penyedia layanan kesehatan merekomendasikannya. Ultrasonografi prenatal dapat dilakukan pada awal trimester pertama untuk memastikan dan menentukan tanggal kehamilan, atau pada 11-14 minggu sebagai bagian dari tes skrining trimester pertama.

Artikel Asli

Sumber: id.theasianparent.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].
  • Bagikan