Cacar Monyet Bisa Menular Lewat Cara Ini

  • Bagikan
X

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI pada Kamis (4/8), melaporkan satu kasus suspek cacar monyet alias monkeypox. Diduga, seorang pria berusia 55 tahun asal Jawa Tengah tertular cacar monyet karena mengalami gejala mirip orang yang terinfeksi virus monkeypox.

Virus penyebab cacar monyet ini dikenal bisa berinkubasi (menginfeksi tubuh hingga menunjukkan gejala) dalam waktu singkat, sekitar 4 hingga 20 hari.

Disampaikan dr. Atika, orang yang mengalami cacar monyet bisa mengalami gejala awal, berupa demam, ruam kulit, nyeri kepala, pembesaran kelenjar getah bening, nyeri punggung, nyeri otot, dan lemas.

Lalu, bagaimana cara penularan cacar monyet pada manusia? Yuk, kita bahas satu per satu di sini.

1. Kontak dengan Hewan yang Sakit Kamu bisa terkena cacar monyet ketika melakukan kontak fisik dengan hewan yang terinfeksi monkeypox, misalnya dicakar atau digigit. Lalu, penyebaran cacar monyet bisa melalui apa lagi? Virus monkeypox juga bisa menular melalui kontak dengan darah, cairan tubuh, ruam kulit, atau mukosa (lapisan kulit dalam) hewan yang terinfeksi.

Beberapa hewan yang bisa menularkan cacar monyet, di antaranya anjing, kelinci, tikus, mencit, monyet, landak, serta rusa.

Artikel Asli

Sumber: klikdokter.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].
  • Bagikan