Dongkrak PAD Jatim, Gubernur Khofifah Ungkap 3 Peluang BUMD Baru

  • Bagikan
X

SURABAYA (BERITASEBELAS.COM)-Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mendorong semua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) melakukan optimalisasi kinerja guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Khofifah juga mengungkapkan ada sedikitnya tiga peluang yang bisa dikelola BUMD baru, yaitu kepelabuhan, pangan dan kesehatan.

“Ada Pelabuhan Probolinggo yang topografi water break-nya sangat bagus. Ini menjadi peluang emas yang harus dimanfaatkan dengan baik. Termasuk wacana untuk membangun airport di Mojokerto, Gresik dan Bangkalan. Hal-hal ini harus juga menjadi perhatian BUMD. Apa yang bisa disinergikan bisa dibuat plan of action-nya,” jelas Gubernur Khofifah saat membuka Rakor Optimalisasi Peran BUMD dalam Peningkatan PAD di JW Mariott Hotel, Surabaya (4/8/2022).

Melihat kondisi strategis wilayah Jatim yang punya Center of Gravity, Khofifah optimistis ke depan ekspansi dan diversifikasi usaha BUMD bisa diwujudkan.

“Sebagai center of gravity, ini harus dijadikan komitmen agar bisa dikelola bersama,” imbuhnya.

Untuk itu, ia menekankan pada seluruh BUMD Pemprov Jatim agar aktif menangkap peluang dan potensi usaha serta menguatkan jejaring lintas institusi. Selain itu, masing-masing BUMD juga dituntut untuk pandai dalam mencari solusi terhadap permasalahan internal maupun eksternal yang menghambat pengembangan usaha.

“Melalui rakor ini, saya harap bisa ditemukan solusi atas permasalahan yang dirasakan oleh BUMD. Ini sangat penting utamanya dalam upaya pengembangan usaga dan peningkatan PAD,” katanya.

Artikel Asli

Sumber: lenteratoday.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].
  • Bagikan