Keunikan Kampung Starling yang Penduduknya Jadi Pedagang Kopi Keliling

  • Bagikan
X

Selalu ada keunikan yang terjadi di tengah kota Jakarta. Siapa sangka, sebuah gang di sudut kawasan Kwitang, Jakarta Pusat ternyata menjadi rumah dari ratusan penjaja kopi keliling atau lebih dikenal dengan sebutan starling. Cerita kampung starling ini pun menjadi buah bibir masyarakat.

Tepatnya, kawasan ini terletak di Jalan Prapatan Baru, Kwitang. Tempat ini seringkali disebut-sebut sebagai ‘Kampung Starling’. Kawasan ini tak sulit untuk ditemui. Keberadaannya tak jauh dari kawasan Tugu Tani dan diapit oleh Markas Marinir serta Hotel Aryaduta, tepatnya di Jalan Prapatan Satu, Senen, Jakarta Pusat. 

Umumnya para pedagang kopi keliling ini menjajakan dagangannya menggunakan sepeda di daerah perkotaan dimana banyak para pekerja yang sekedar istirahat. Bagi para pekerja yang bekerja di daerah Sudirman – Thamrin – Kuningan Jakarta pasti sudah sering melihat para starling berkeliling.

Mengulik Cerita Kampung Starling Jika Anda ke kampung starling, kesan padat dan ramai mulai terasa. Di sinilah para pedagang tinggal dan mempersiapkan seluk beluk berdagang kopi keliling di jalanan Ibu Kota. 

Mereka biasa menjajakan seduhan kopi dalam sebuah gelas. Rentengan kopi terlihat menggantung pada gerobak kecil di sepeda mereka. Tak hanya kopi, aneka minuman seduh, mi instan, hingga rokok eceran juga mereka jajakan.

Sepeda yang berjejer mudah dijumpai di sudut gang Kampung Starling. Saking banyaknya sepeda, sepeda diparkirkan hingga ke atap rumah. Bahkan tak jarang mereka menggantungkan sepeda pada dinding untuk menghemat tempat. 

Artikel Asli

Sumber: id.theasianparent.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].
  • Bagikan