KPU Temukan Nama Komisioner dan Staf KPU Daerah Dicatut Jadi Anggota Parpol

  • Bagikan
X

BERITASEBELAS.COM, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menerima laporan bahwa terdapat komisioner dan staf sekretariat KPU Kabupaten/Kota yang terdaftar sebagai anggota partai politik.

"Berdasarkan hasil pengecekan mandiri di website info.pemilu.kpu.go.id, didapati nama mereka sebagai anggota partai politik," ungkap Ketua Divisi Bidang Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Idham Holik dalam keterangan tertulis, Kamis (4/8/2022).

"Sedangkan mereka tidak pernah menyerahkan KTP elektronik dan tidak pernah memroses permohonan keanggotaan parpol," sambungnya.

Lebih lanjut Idham menjelaskan, pasca yang bersangkutan mendapati namanya ada dalam keanggotaan parpol tertentu, mereka langsung mengisi formulir Model Tanggapan Masyarakat-Parpol sebagaimana diatur dalam Pasal 140 ayat 1 PKPU No. 4 Tahun 2022.

"Nanti kemudian laporan tersebut akan ditindaklanjuti oleh KPU, KPU Provinsi, dan/atau KPU Kab/Kota, sebagaimana diatur dalam Pasal 140 ayat 2 PKPU No. 4 Tahun 2022," paparnya.

Selanjutnya, tambah Idham, berdasarkan ketentuan yang terdapat di dalam Pasal 32 ayat 1 huruf a PKPU No. 4 Tahun 2022, Penyelenggara Pemilu adalah angora parpol yang tidak memenuhi syarat. Hal ini akan diproses selama masa verifikasi administrasi.

Artikel Asli

Sumber: akurat.co

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].
  • Bagikan