Gara-Gara Yel-Yel Putin, Fenerbahce Dihukum UEFA

  • Bagikan
X

BERITASEBELAS.COM, Konfederasi Sepakbola Eropa (UEFA) menjatuhkan sanksi terhadap Fenerbahce sehubungan dengan yel-yel suporter mereka yang menyebut nama Presiden Rusia, Vladimir Putin, dalam pertandingan menghadapi tim asal Ukraina, Dynamo Kyiv.

Sebagaimana dikabarkan BBC, UEFA menghukum klub asal Turki tersebut dengan denda sebesar 50 juta Euro (sekitar 761,3 miliar) dan penutupan sebagian tribun stadion pada pertandingan Eropa. Sanksi penutupan sekurang-kurangnya 5.000 tempat duduk itu akan berlaku dua tahun ke depan.

“(Hukuman ini dijatuhkan) karena pelemparan obyek dan menyampaikan pesan provokatif dan gerakan yang menyerang, termasuk nyanyian yang dilarang,” tulis UEFA dalam pernyataan resminya.

Keputusan ini menyusul aksi ribuan suporter Fenerbahce yang menyanyikan nama Putin ketika pemain Kyiv, Vitaliy Buyalskyi, merayakan gol yang dicetaknya di kualifikasi Liga Champions 2022-2023. Dalam pertandingan di kandang Fenerbahce di Istanbul, Turki, 27 Juli silam itu, wakil Ukraina menang 2-1.

Buyalskyi melakukan selebrasi dengan membentuk gerakan tangan seperti elang di hadapan pendukung Fenerbahce. Sebagian suporter Fenerbahce menganggap bahwa itu adalah tanda untuk menghormati tim rival terbesar mereka, Besiktas.

Insiden tersebut menimbulkan nuansa khusus sehubungan dengan krisis Rusia-Ukraina. Vladimir Putin diketahui sebagai sosok yang menggerakan serangan ke Ukraina yang sudah berlangsung sejak 24 Februari silam tersebut.

Artikel Asli

Sumber: akurat.co

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].
  • Bagikan