Hari Ini 77 Tahun Lalu, Bom Atom Jatuh di Nagasaki Jadi Awal Kemerdekaan Indonesia

  • Bagikan
X

BERITASEBELAS.COM - Tanggal 9 Agustus 77 tahun yang lalu adalah tepat ketika kota Nagasaki, Jepang, diluluhlantakkan oleh bom atom Amerika. Momen ini menjadi salah satu faktor kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Jepang. Bagaimana sejarahnya?

Sebelum Nagasaki, dua hari sebelumnya yakni apda 6 Agustus 1945, Kota Hiroshima sudah terlebih dahulu dibom atom. Jepang mengalami kehancuran telak dengan korban mencapai 74 ribu orang. Atas peristiwa ini, Jepang menyerah kepada sekutu.

Momen inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh para tokoh kemerdekaan Indonesia untuk segera memproklamasikan kebebasan dari penjajahan.

Warga Jepang peringati bom Hiroshima dan Nagasaki yang terjadi 75 tahun lalu. (Anadolu Agency)Bom Atom di Jepang oleh Amerika Serikat

Salah satu faktor eksternal yang membuka peluang Indonesia untuk memproklamasikan kemerdakaannya adalah peristiwa bom atom di Jepang yang dilakukan oleh Amerika Serikat. Peristiwa tersebut berawal dari ketegangan yang terjadi antara Jepang dengan Amerika Serikat.

Pada 7 Desember 1941 Jepang melancarkan serangan udara terhadap pangkalan udara Amerika Serikat Pearl Harbor, Hawaii. Tindakan Jepang tersebut dinilai sebagai kejahatan perang yang kemudian membuat kedua negara menyatakan perang satu sama lain.

Artikel Asli

Sumber: suara.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].
  • Bagikan