8 Manfaat Daun Katuk Selain Melancarkan ASI

  • Bagikan
X

Parents, daun katuk sudah lama dikenal dapat membantu melancarkan produksi ASI sehingga banyak dikonsumsi oleh ibu hamil maupun menyusui. Faktanya, manfaat daun katuk bukan hanya itu saja dan justru sangat bagus disajikan sebagai menu makanan seluruh anggota keluarga karena mengandung vitamin A, B, C, protein, kalsium, zat besi, serat, karbohidrat, beta karoten, hingga kalsium. Daun katuk memiliki nama latin Sauropus androgynus, daun ini termasuk dalam kategori tanaman herbal dan banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara. Nah, berikut ini manfaat daun katuk selain untuk melancarkan ASI. 

Lindungi Jantung dan Cegah Kanker, Ini 7 Manfaat Daun Bawang

Manfaat Mengkonsumsi Daun Katuk Daun katuk dapat diolah menjadi beraneka ragam jenis masakan karena rasanya yang lezat dan tidak pahit. Selain mudah mengolahnya, manfaat daun katuk sangatlah besar untuk kesehatan seperti berikut ini:

1.  Memperbaiki Kualitas Sperma Sperma yang kurang sehat kerap kali mempengaruhi tingkat kesuburan seorang pria. Oleh karena itu berbagai macam cara dilakukan supaya program hamil bersama pasangan sukses dijalankan, salah satunya mengkonsumsi makanan bergizi. Manfaat daun katuk dapat juga dirasakan oleh pria, yaitu sebagai makanan peningkat kualitas sperma. Daun katuk memiliki kandungan zat aktif yang berguna untuk merangsang hormon testosteron yang ada pada pria sehingga kualitas dan kuantitas sperma juga dapat meningkat dan peluang keberhasilan untuk hamil pun dapat meningkat. 

2. Manfaat Daun Katuk, Mencegah Infeksi Bakteri Manfaat daun katuk lainnya adalah mampu mencegah infeksi bakteri yang menyebabkan pneumonia dan bakteremia. Kandungan ekstrak etanolik pada daun katuk berperan sangat penting untuk mencegah infeksi bakteri yang mungkin ada di bagian usus dan hidung manusia ketika pertumbuhan bakteri tersebut terlalu banyak atau tidak terkontrol.

3.  Mampu Mengobati Peradangan Peradangan kerap kali dialami oleh sebagian orang dan penyebabnya juga cukup beragam. Namun ada kalanya peradangan yang terjadi tidak bisa langsung sembuh sehingga berlangsung cukup lama, bila tidak segera diatasi akan menimbulkan penyakit lainnya seperti jantung atau kanker. Hal ini karena daun katuk mengandung zat anti radang yang baik untuk mencegah penyakit kronis. Bahkan menurut penelitian, zat anti radang tersebut mampu mengurangi atau mengobati bengkak lebih baik dibandingkan obat jenis tertentu. Manfaat daun katuk bisa juga sebagai antioksidan karena mengandung vitamin C dan karotenoid yang cukup untuk tubuh. Selain itu, antioksidan ini juga dilengkapi dengan flavonoid yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh manusia dari bahaya radikal bebas.

Artikel Asli

Sumber: id.theasianparent.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].
  • Bagikan