Dongeng Putri Tandampalik dan Nilai Moral yang Bisa Diajarkan ke Anak

  • Bagikan
X

Di Sulawesi Selatan cerita rakyat diciptakan bertujuan dalam berbagai hal. Beberapa di antaranya bertujuan untuk penanaman nilai moral dan budaya, serta pembentukan karakter bagi generasi pewaris. Salah satunya cerita tentang Putri Tandampalik yang nilai moral dari cerita tersebut bisa kita ajarkan ke anak. 

Cerita rakyat Sulawesi Selatan Putri Tandampalik berasal dari tanah Luwu. Melansir dari kebudayaan.kemendikbud.go.id cerita ini mengisahkan Putri Tandampalik yang merupakan putri dari Datu Luwu. Untuk cerita selengkapnya, yuk, simak kisahnya di bawah ini.

Cerita Rakyat Putri Tandampalik dari Sulawesi Selatan Kecantikan Putri Tandampalik yang Tersohor hingga ke Pelosok Negeri

Pada zaman dahulu kala, di Sulawesi Selatan berdiri sebuah kerajaan bernama Kerajaan Luwu yang dipimpin oleh seorang raja. Raja itu bernama La Busatana Datu Maongge dan sering dipanggil Raja atau Datu Luwu. Ia sangat arif, bijaksana, dan gagah berani. Karenanya, rakyat di negeri itu hidup makmur dan tidak pernah kekurangan bahan pangan. Keadaan negeri itu juga aman dan damai.

Datu Luwu memiliki seorang putri yang sangat cantik dan ramah. Putri Tandampalik, begitu ia biasa disapa. Kecantikan dan budi pekertinya yang baik membuat ia dikenal hingga ke pelosok negeri. Kabar inipun terdengar sampai ke telinga Raja Bone.

Keinginan Raja Bone Meminang Putri Tandampalik untuk Putranya

Artikel Asli

Sumber: id.theasianparent.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].
  • Bagikan