Elektabilitas Tinggi, Tidak Menjamin Prabowo Menang di Pilpres 2024

  • Bagikan
X

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tidak menjamin menjadi Presiden Indonesia walaupun dalam berbagai survei elektabilitasnya tinggi.

“Prabowo Subianto calon presiden yang konsisten memiliki elektabilitas tinggi. Namun elektabilitas yang tinggi belum menjamin Prabowo nantinya terpilih menjadi presiden,” kata Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul M. Jamiluddin Ritonga kepada redaksi www.suaranasional.com, Selasa (30/8/2022).

Kata Jamiluddin, kasus Pilpres 2014 dan 2019 membuktikan, elektabilitas Prabowo yang tinggi namun akhirnya dikalahkan Joko Widodo. Prabowo harus menelan kekalahan yang menyakitkan.

Menurut Jamiluddin, empat faktor yang tidak menjamin Prabowo menjadi presiden Indonesia meskipun elektabilitasnya tinggi dalam berbagai survei.

“Pertama, Prabowo elektabilitasnya tinggi tapi cenderung stagnan. Di awal elektabilitasnya tinggi, namun di saat mendekati hari H elektabilitasnya stagnan sehingga dilampaui kompetitornya,” jelasnya.

Jamiluddin mengatakan, elektabilitas Prabowo saat ini berpeluang tidak meningkat. Sementara kompetitornya baru memulai sehingga elektabilitasnya berpeluang untuk ditingkatkan.

Artikel Asli

Sumber: suaranasional.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].
  • Bagikan