Lebih dari Sembilan Persen Pendukung Jokowi di Jawa Barat Dukung Anies Baswedan

  • Bagikan
X

Oleh: Tarmidzi Yusuf (Pegiat Dakwah dan Sosial)

Ada kabar menarik dari Musyawarah Rakyat (Musra) relawan Jokowi Jawa Barat. Nama Anies Rasyid Baswedan masuk nominasi 5 (lima) besar calon presiden harapan rakyat. Hasil Musra relawan Jokowi di Bandung, 28 Agustus 2022 yang digelar untuk pertama kalinya di GOR Sport Center Jabar, Arcamanik, Kota Bandung. Menurut rencana, Musra akan berlangsung di 34 propinsi dan berakhir 11 Maret 2023.

Anies Baswedan sendiri memperoleh 516 suara atau 9,02 persen. Terpaut 2,08 persen dari Prabowo Subianto yang memperoleh 11,10 atau 635 suara. Sedangkan Ridwan Kamil harus mengakui keunggulan Anies Baswedan. Ridwan Kamil hanya memperoleh 296 suara atau 5,17 persen. Sementara Ganjar Pranowo menempati urutan ketiga dan Sandiaga Uno sebagai runner up dengan dukungan 16,92 persen suara.

Tingginya perolehan suara Sandiaga Uno dan Prabowo Subianto mungkin karena imbas keduanya bergabung di kabinet Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. Relawan Jokowi mengapresiasi mantan rival Jokowi itu di dua Pilpres bergabung sebagai menterinya Jokowi.

Sementara Jokowi seperti sudah bisa ditebak. Nama Joko Widodo menempati urutan pertama. Jokowi dipilih oleh 1.704 orang dari 5.721 peserta musyawarah atau 29,79 persen. Dengan perolehan suara Jokowi yang hanya 29,79 persen itu memperkuat argumentasi kalau hasil Musra relawan Jokowi tidak sesuai prediksi banyak pengamat. Terutama soal isu presiden tiga periode.

Yang menarik justru raihan suara Anies Baswedan hasil Musra relawan Jokowi di Bandung akhir pekan lalu cukup menggembirakan. Anies Baswedan sudah punya modal dasar dari pendukung Jokowi 9,02 persen atau lebih dari 500 orang dari peserta Musra 5.721 relawan Jokowi merupakan pendukung Anies Baswedan.

Artikel Asli

Sumber: suaranasional.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].
  • Bagikan