Mantan Kapolri Diduga Terseret Kasus Ferdy Sambo

  • Bagikan
X

Oleh: Tarmidzi Yusuf (Pegiat Dakwah dan Sosial)

Satuan Tugas Khusus alias SATGASUS POLRI menjadi sorotan. Kasus Ferdy Sambo membuka sepak terjang SATGASUS POLRI selama 3 (tiga) tahun lebih. Satuan elit yang tidak tersentuh. Sampai-sampai ada istilah ada MABES di dalam MABES.

Namanya sangat mentereng. SATGASUS Merah Putih. Dibentuk pada masa kepemimpinan Kapolri Jenderal Tito Karnavian tahun 2019. Dasar pembentukannya dituangkan melalui Surat Perintah (Sprin) Nomor Sprin/681/III/HUK.6.6/2019 bertanggal 6 Maret 2019. Sebulan menjelang Pilpres 2019.

Sejak awal pembentukannya, SATGASUS Merah Putih sempat menuai polemik di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Polemik seputar alasan pembentukan SATGASUS Merah Putih.

“Seolah-olah ada anggota lain yang tidak merah putih. Sebenarnya ada apa?,” kata anggota Komisi III Herman Hery pada 22 Februari 2017 silam dikutip dari laman DPR.

Adapun kewenangan SATGASUS POLRI adalah melakukan penyelidikan sejumlah perkara antara lain yang diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), Narkotika, Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) hingga Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Artikel Asli

Sumber: suaranasional.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].
  • Bagikan