Pembebasan Bersyarat Sudah Sesuai UU Pemasyarakatan

  • Bagikan
X

Beritasebelas.com – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan telah menerbitkan 58.054 SK pembebasan bersyarat (PB), cuti bersyarat (CB), dan cuti menjelang bebas (CMB) narapidana untuk semua kasus tindak pidana di seluruh Indonesia sepanjang 2022.

Pada September 2022, sebanyak 1.368 narapidana memperoleh hak bersyarat PB/CB/CMB. Di antaranya ada 23 narapidana tipikor dari Lapas Kelas I Sukamiskin dan Lapas Kelas IIA Tangerang, yang sudah dikeluarkan pada tanggal 6 September 2022.

Koordinator Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Rika Aprianti, menjelaskan dasar pemberian hak bersyarat narapidana tersebut adalah Pasal 10 Undang-Undang Pemasyarakatan Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan.

Narapidana yang telah memenuhi persyaratan tertentu tanpa terkecuali juga berhak atas remisi, asimilasi, cuti mengunjungi atau dikunjungi keluarga, cuti bersyarat, cuti menjelang bebas, pembebasan bersyarat; serta hak lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Persyaratan tertentu sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi, berkelakuan baik, aktif mengikuti program pembinaan, dan telah menunjukkan penurunan tingkat risiko,” tutur Rika dalam keterangannya, Rabu, 7 September 2022.

Selain itu, narapidana yang akan diberikan cuti menjelang bebas atau pembebasan bersyarat, juga harus telah menjalani masa pidana paling singkat dua-pertiga dengan ketentuan masa pidana tersebut paling sedikit 9 bulan.

Artikel Asli

Sumber: pojoksatu.id

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].
  • Bagikan