Kajian Politik Merah Putih: Taipan Oligarki Menguasai Gabah Petani di Indonesia

  • Bagikan
X

Taipan oligarki merambah sektor pertanian khususnya gabah dan beras. Dengan modal yang besar, taipan oligarki ini membuat pabrik pengolahan gabah menjadi beras sehingga mematikan pengusaha lokal.

“Para taipan Oligarki ternyata bukan hanya menguasai hasil sawit, jenis gambang dan sumber saya lainnya. Mereka sudah menguasai sektor pertanian khususnya gabah dan beras,” kata Koordinator Kajian Politik Merah Putih Sutoyo Abadi kepada redaksi www.suaranasional.com, Ahad (18/9/2022).

Dalam menjalankan operasinya khususnya di Jawa, kata Sutoyo, taipan oligarki membeli gabah petani dalam jumlah yang sangat besar dan tidak menyisakan sedikitpun buat pengusaha lokal. Para taipan oligarki mengendalikan harga gabah yang dibeli dari petani.

“Pemerintah melepas jual beli gabah petani tanpa perlindungan yang memadai untuk melindungi petani dan konsumen,” papar Sutoyo.

Sutoyo mengatakan, taipan oligarki berpegang pernyataan Henry Kissinger control oil and you control nation, control food and you control the peoplesĀ (Kendalikan minyak maka anda menguasai negara, kendalikan pangan maka Anda menguasai rakyat l).

Di saat petani lokal tersudutkan kiprah taipan oligarki, pemerintah membuka impor beras. “Di saat impor beras, pertanian khususnya beras dalam negeri juga sudah dikuasai para oligark,” jelas Sutoyo.

Artikel Asli

Sumber: suaranasional.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].
  • Bagikan