Saat Golkar di Simpang Jalan Mencari Kawan Koalisi Menuju 2024…

  • Bagikan
X

JAKARTA, KOMPAS.com - Arah dukungan politik dari Partai Golkar terhadap bakal calon presiden tertentu menjelang pemilihan presiden (Pilpres) 2024

Sebelumnya Partai Golkar membentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Akan tetapi, nasib koalisi itu dipertanyakan setelah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. PPP juga memutuskan bergabung dengan PDI-P dan mendukung Ganjar.

Setelah manuver PPP itu, Partai Golkar lantas mencoba merapat ke kubu Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang digagas oleh Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Akan tetapi, setelah beberapa kali melakukan pertemuan, PKB menyatakan supaya Golkar mau menjadi tim pemenangan Prabowo yang diusung sebagai bakal calon presiden dari KKIR.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar Nusron Wahid yang menjadi utusan tim pemenangan koalisi besar mengatakan, mereka tetap menginginkan sang Ketua Umum Airlangga Hartarto dipasangkan dengan Prabowo.

Artikel Asli

Sumber: nasional.kompas.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].
  • Bagikan