Pencabutan Larangan Ekspor Pasir Laut: Jokowi Tukar Tambah ke Investor Buat Modal Bangun IKN

  • Bagikan
X


BERITASEBELAS.COM – Puluhan tahun dilarang, ekspor pasir laut kini justru mendapat lampu hijau dari Presiden Jokowi. Keputusan Jokowi mencabut larangan ekspor pasir laut pun panen kritikan, tak terkecuali dari para pengamat.

Pengamat politik, Rocky Gerung, secara terang-terangan mengatakan bahwa Jokowi sudah menjual kedaulatan Indonesia melalui kebijakan tersebut.  Hal itu pun dikaitkan dengan ambisi Jokowi dalam membangun IKN Nusantara yang hingga kini masih berusaha mencari modal dari para investor.

“Jokowi justru jualan Tanah Air. Mungkin karena Ibu Kota (IKN) nggak bisa beres-beres. Udah minta investasi segala macam (tidak beres), akhirnya Jokowi jual juga pasir itu,” pungkas Rocky Gerung dalam YouTube resminya, disimak pada Kamis, 1 Juni 2023.

Bahkan, Rocky Gerung menyebut pencabutan larangan ekspor pasir laut sebagai aksi tukar tambah Jokowi dengan investor Singapura untuk memodali pembangunan IKN. Dengan demikian, tegas Rocky Gerung, Indonesia bisa menjadikan Singapura sebagai pancingan bagi investor-investor global lainnya untuk menyuntik modal ke IKN.

“Nah sekarang pasirnya dijadikan modal untuk tukar tambah dengan investor di Singapura, misalnya yang menjanjikan dia seolah-olah kalau pasirnya datang nanti mereka akan invest. uangnya akan dipakai Jokowi untuk invest di IKN,” lanjutnya.

Sumber: kontenjatim

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].
  • Bagikan