5 Komisioner KPU Palembang Divonis Bersalah

0
10

Haris

beritasebelas.com,Palembang – Lima Komisioner KPU Palembang, Eftiyani, Alex Barzili, Syafarudin Adam, Abdul Malik dan Yetty Oktarina divonis bersalah oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Palembang, Jumat 12 Juli 2019.

Menurut majelis hakim yang diketuai Erma Suharti, para terdakwa sebagai penyelenggara Pemilu dengan sengaja dan bersama telah mengakibatkan orang lain kehilangan hak suara, sebagaimana diatur dalam pasal 554 UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu jo pasal 55 KUHP.

Atas perbuatan tersebut para terdakwa dihukum pidana penjara selama enam bulan dengan masa percobaan 1 tahun dan denda sebesar Rp 10 juta subsider 1 bulan kurungan.

“Para terdakwa tidak perlu menjalani hukuman penjara jika dalam waktu satu tahun tidak melakukan perbuatan pidana,” ucap Erma.

Akan tetapi, sebelum menutup sidang hakim melanjutkan, apabila tak sependapat dengan putusan ini terdakwa dan penuntut umum memiliki waktu tiga hari untuk mengajukan upaya hukum banding.

Menanggapi vonis hakim, pihak terdakwa dalam hal ini diwakili Rusli Bastari selaku kuasa hukum langsung menyatakan akan mengajukan upaya hukum banding. Sedangkan tim jaksa masih memilih pikir-pikir.

“Atas putusan ini kita menyatakan banding untuk diuji lagi di Pengadilan Tinggi,” ucap Rusli usai persidangan.

Namun pihaknya terlebih dahulu akan menyiapkan memori banding, sebagai upaya hukum terakhir untuk kasus tersebut.

“Kita baca dan pelajari dulu putusan hakim, baru bisa siapkan memori banding,” imbuh seranya menyebut masih tetap optimis bahwa kliennya tidak bersalah.

Sedangkan tim jaksa mengaku cukup puas dengan putusan tersebut, meski pasal yang diterapkan hakim berbeda, namun masa hukuman dan barang bukti yang dijatuhkan sama dengan tuntutan.

print