Ada 2 Gempa Susulan Usai Gempa 6,6 M Guncang Banten

  • Bagikan

Ilustrasi gempa bumi. Foto: MuhsinRina/shutterstock

BMKG terus memantau aktivitas gempa setelah lindu 6,6 magnitudo mengguncang Sumur, Banten, Jumat (14/1). Tercatat ada 2 kali gempa susulan yang terjadi dengan kekuatan jauh lebih rendah dari getaran pertama.

“Hingga hari Jumat, 14 Januari 2022 pukul 16.40 WIB, Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 2 aktivitas gempa bumi susulan (aftershock), dengan magnitudo M3,7 dan M3,5,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno, dalam keterangannya, Jumat (14/1).

Bambang mengatakan, getaran gempa terasa dengan kekuatan berbeda di setiap daerahnya. Wilayah Serang hingga Jabodetabek salah satu lokasi yang paling merasakan gempa.

Bambang meminta, masyarakat tidak panik dan dapat mengevakuasi diri ke tempat yang aman. Selain itu, cek informasi dari sumber tepercaya.

“Kepada masyarakat di lokasi terdampak diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa,” jelas dia.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” ucap dia.

Artikel Asli

Sumber: kumparan.com

  • Bagikan