Ada Mata-mata China di Parlemen Inggris, Retakan di Reaktor Nuklir Prancis

  • Bagikan

Jakarta –

Dinas keamanan Inggris telah mengingatkan tentang seorang tersangka agen mata-mata China yang aktif di parlemen negara tersebut. Agen China itu disebut “secara sadar terlibat dalam kegiatan campur tangan politik” di dalam parlemen Inggris.

Dilansir dari kantor berita AFP, Jumat (14/1/2022), kantor Ketua House of Commons atau Majelis Rendah Parlemen Inggris, Lindsay Hoyle mengkonfirmasi bahwa pihaknya telah mengirim email kepada para anggota parlemen untuk memberi tahu mereka tentang insiden tersebut, dengan berkonsultasi dengan dinas keamanan.

“Ketua menangani keamanan anggota dan proses demokrasi dengan sangat serius, itulah sebabnya dia mengeluarkan pemberitahuan ini setelah berkonsultasi dengan dinas keamanan,” kata juru bicara untuk Hoyle.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Jumat (14/1/2022):

– Pilu, ABG Palestina Sakit Kronis Sudah Setahun Ditahan Israel Tanpa Dakwaan

Otoritas Israel memperpanjang masa penahanan untuk seorang remaja putra Palestina yang sakit kronis. ABG Palestina itu sudah ditahan selama setahun di penjara Israel, tanpa dakwaan maupun persidangan.

Seperti dilansir AFP, Jumat (14/1/2022), Amal Nakhleh (17) ditahan di bawah ketentuan yang disebut sebagai penahanan administratif. Praktik kontroversial ini memungkinkan para tersangka ditahan tanpa dakwaan selama masa hukuman enam bulan yang bisa diperbarui, sembari penyelidikan berlangsung.

Otoritas Israel mengumumkan perpanjangan masa tahanan Amal selama empat bulan.

“Pengadilan pendudukan (Israel-red) memperbarui penahanan administratif putra saya untuk keempat kalinya meskipun dia sakit,” tutur ayah Amal, Moammar Nakhleh, kepada AFP usai sidang terakhir anaknya.

Baca juga: Pilu, ABG Palestina Sakit Kronis Sudah Setahun Ditahan Israel Tanpa Dakwaan

– Rumah Sakit Kewalahan Hadapi Omicron, AS Kerahkan 1.000 Nakes Militer

Sekitar 1.000 tenaga kesehatan (nakes) militer dikerahkan ke enam negara bagian Amerika Serikat (AS) untuk membantu rumah-rumah sakit setempat yang kewalahan menghadapi lonjakan kasus virus Corona (COVID-19) akibat penyebaran varian Omicron.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (14/1/2022), seorang pejabat Gedung Putih menuturkan bahwa beberapa tim yang terdiri atas 7-25 dokter militer, perawat dan personel militer lainnya akan tiba di Michigan, New Jersey, New Mexico, New York, Ohio dan Rhode Island mulai pekan depan.

Mereka bertugas untuk mendukung ruang-ruang darurat dan memungkinkan para staf rumah sakit terus memberikan perawatan lainnya.

Baca juga: Rumah Sakit Kewalahan Hadapi Omicron, AS Kerahkan 1.000 Nakes Militer

– Gawat! Retakan Ditemukan di Reaktor Nuklir Prancis

Regulator nuklir Prancis melaporkan bahwa retakan yang berpotensi menjadi masalah keamanan kembali teridentifikasi pada pembangkit nuklir di negara tersebut. Ini berarti sudah tiga pembangkit nuklir yang mengalami masalah retakan.

Situasi ini memicu kekhawatiran soal kapasitas listrik di Prancis di tengah musim dingin.

Selanjutnya Halaman 1 2 mata-mata china mata-mata china di inggris parlemen inggris mata-mata inggris international updates

Artikel Asli

Sumber: detik.com

  • Bagikan