Alasan Pemerintah Cabut Larangan Masuk 14 Negara Ke Indonesia

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM – Larangan masuk ke Indonesia yang sebelumnya diberlakukan untuk 14 negara dicabut oleh pemerintah melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

Pencabutan larangan itu tertuang dalam Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 02 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri Masa Pandemi Covid-19 berlaku mulai 12 Januari 2022.

Apa alasan pemerintah mencabut larangan tersebut?

Baca juga: Larangan 14 Negara Masuk Indonesia Dihapus, Apa Alasannya?

Alasan pencabutan larangan masuk 14 negara ke Indonesia

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, Omicron sudah meluas ke 150 dari total 195 negara di dunia (76 persen negara) per 10 Januari 2022.

Dia menyebut, larangan tersebut dicabut, agar tidak mempersulit pemulihan ekonomi nasional.

“Jika pengaturan pembatasan daftar negara masih tetap ada, maka akan menyulitkan pergerakan lintas negara yang masih diperlukan untuk mempertahankan stabilitas negara termasuk pemulihan ekonomi nasional,” ujar Wiku.

Kendati demikian, keputusan penghapusan daftar negara yang tidak boleh memasuki Indonesia ini seiring penetapan kriteria WNA yang masih tetap sama ketatnya, sebagaimana diatur di surat edaran satgas sebelumnya.

Baca juga: Daftar 14 Negara yang Dilarang Masuk Indonesia Mulai Hari Ini

Sebelumnya, Indonesia melarang masuk kedatangan warga negara asing (WNA) dari 14 negara terkait penyebaran varian Covid-19 Omicron mulai 7 Januari 2022.

Keempat belas negara tersebut adalah:

Afrika Selatan Botswana Norwegia Perancis Angola Zambia Zimbabwe Malawi Mozambique Namibia Eswatini Lesotho Inggris Denmark.

Diketahui, empat negara pertama dilarang masuk ke Indonesia karena adanya transmisi komunitas varian Omicron.

Artikel Asli

Sumber: kompas.com

  • Bagikan