Anis Saggaf Bakal Berhadapan Dengan Empat Dekan di Pemilihan Rektor Unsri

0
138
[Ilustrasi]

Arto

beritasebelas.com,Palembang – Panitia Pemilihan Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri) hingga saat ini terus mempersiapkan progres report persiapan Pemilihan Rektor masa bakti 2019-2023.

Hingga saat ini, panitia telah mencatat lima nama peserta masuk dalam kandidat bakal calon yang telah menyatakan diri siap menjadi Calon Rektor dan akan mengikuti prosedur pemilihan secara profesional.

Kelima nama tersebut adalah Rektor Petahana Universitas Sriwijaya, Prof Dr Ir H Anis Saggaf, MSCE,  M Abu Bakar Siddik, ST, Meng, PhD, Prof Dr Ir Andy Maulana, MSc, Prof Dt Ir Amin Rejo, MP dan Prof Dr Ishak Iskandar, MSc.

“Jadi sudah ada lima yang mengirimkan surat pernyataan siap menjadi Calon Rektor Unsri. Karena memang mekanisme saat ini sampai pada fase pengiriman surat pernyataan siap menjadi Calon Rektor per tanggal 29 Mei 2019 selambat-lambatnya,” terang Ketua Panitia Pemilihan Rektor Universitas Sriwijaya, Prof Dr Alfitri, MSi, Jumat 31 Mei 2019.

Dikatakan Alfitri, bahwa lima tersebut merupakan beberapa nama yang masuk dalam tim penjaringan bakal-bakal Calon Rektor Universitas Sriwijaya yang dilakukan panitia sebelumnya dari 114 nama yang memenuhi syarat. Dari jumlah tersebut, lima diantaranya mengajukan surat pernyataan kesediaan menjadi Calon Rektor Universitas Sriwijaya.

Penjaringan 114 nama untuk dilakukan aspirasi melalui login online di website resmi Universitas Sriwijaya tersebut mengacu syarat yang dibuat panitia yakni minimal harus bergelar doktor, minimal kepangkatan akademik Lektor Kepala dan minimal sudah menjabat sebagai ketua jurusan atau setara untuk itu dan usia tidak melebihi 60 tahun pertanggal 19 November 2019.

Kelimanya dari latar belakang dua fakultas teknik, dua fakultas pertanian dan satu fakultas MIPA. Meski ini kali pertama panitia menerima siapapun kandidat bakal calon dari luar Universitas Sriwijaya, namun kelima kandidat bakal calon semua dari Internal Universitas Sriwijaya menyatakan kesediaan siap dari surat yang diserahkan ke sekretariat panitia.

“Nah sedangkan fase selanjutnya adalah kelima kandidat bakal calon wajib menyerahkan kelengkapan berkas bakal calon yang menjadi syarat menuju penetapan bakal calon paling lambat pada 10 Juni 2019,” jelasnya.

Berkas persyaratan tersebut adalah surat pernyataan kesediaan sebagai Calon Rektor, surat jabatan fungsional terakhir, daftar riwayat hidup, melepas jabatan struktural jika terpilih,  surat keterangan sehat dari RS Muhammad Hoesin sebulan terakhir, surat bebas Narkoba dari BNN Sumatera Selatan dan surat pernyataan bebas plagiat, surat tidak mengundurkan diri sebagai pemilihan Rektor dan diserahkan ke panitia Pemilihan Rektor di Sekretariat Gedung Aula KPA Universitas Sriwijaya Bukit Palembang.

Fase selanjutnya adalah rapat senat paripurna untuk penetapan bakal calon pada 11 Juni, kemudian sosialisasi Balon pada 12-17 Juni dan penyampaian program kerja Balon dalam rapat Senat terbuka pada 17 Juni.

Sedangkan pemilihan tiga Calon Rektor pada 27 Juni dalam rapat Senat terturup, selanjutnya pengiriman tiga nama Calon Rektor ke Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi pada 28 Juni 2019. Sementara penyampaian hasil pada 8 Juli 2019.

“Kami menghimbau kepada kandidat bakal calon, selama proses pemilihan berkompetisi ilegan dan simpatik serta mengedepankan kecendikiawanan dan intelektualitas,” pungkasnya.

Sementara pelantikan sendiri diperkirakan akan berlangsung setelah satu bulan penetapan Rektor terpilih berdasarkan hasil pemilihan angggota Senat.

print