Antisipasi Banjir, JakPro Siapkan Bak Penampungan Air Hujan di JIS

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM – Kawasan Jakarta International Stadium (JIS) tak terlepas dari ancaman penurunan muka tanah hingga banjir karena terletak di kawasan Jakarta Utara. Guna mengantisipasi banjir, PT Jakarta Propertindo (JakPro) selaku pemegang proyek JIS menyiapkan tempat penampungan air hujan di sejumlah titik.

“Untuk lintasan air hujan itu tidak menggenangi atau membanjiri kawasan sekitar itu, melainkan diresapkan ke dalam tanah dan juga kami menyediakan area-area untuk penampungan air hujan,” kata Manager Proyek JIS PT Jakpro, Arry Wibowo, kepada wartawan, Jumat (14/1/2022).

Arry mengatakan air yang terdapat dalam bak penampungan bisa digunakan untuk menyiram area landscape atau tanaman yang ada di JIS. Sehingga air hujan bisa diresapkan lagi ke tanah sehingga tidak membanjiri kawasan stadion bertaraf internasional itu.

“Jadi prinsip zero on off di JIS ini salah satu penilaian dari green building jadi air hujan itu diresapkan tidak membanjiri kawasan dan juga kita melakukan treatment kembali dari air hujan itu melalui bak-bak penampungan yang bisa dimanfaatkan kembali salah satunya untuk penyiraman area landscape atau tanaman,” ujarnya.

Baca juga: JakPro: Kampung Susun Bayam Bakal Ditempati Pekerja Pendukung Operasional JIS

Arry mengakui kondisi muka tanah wilayah Jakarta Utara sempat menimbulkan kekhawatiran. Meski begitu, Jakpro telah membangun JIS sesuai dengan standar ketinggian bangunan dari muka air laut yang ditetapkan oleh Pemprov DKI Jakarta.

“Untuk lantai 1, lantai dasar bangunan ini posisinya sesuai ketentuan, ini minimal terus ada jarak atau elevasi setinggi kurang lebih 2 meteran dari muka air laut. Karena pembangunan ini tidak terlepas dari izin atau rekomendasi teknis dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui dinas-dinas terkait,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, soft launching JIS akan berlangsung pada Februari mendatang. Kegiatan itu akan ditandai oleh pertandingan tim muda klub sepakbola asal Spanyol, Barcelona, Real Madrid dan Atletico Madrid melawan Indonesia All Star U-20.

“Mudah-mudahan Februari awal bisa soft launching dengan pertandingan international Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid U-20 atau U-19 itu. Iya, (laga) dibarengi sama soft launching,” kata Arry Wibowo.

Arry menuturkan saat ini progres pembangunan stadion berstandar internasional itu mencapai 93,85%. Oleh karena itu, dia memperkirakan soft launching bisa dilakukan pada awal Februari mendatang usai merampungkan sisa pengerjaan proyek.

Baca juga: Sempat Ditunda, Barcelona-Madrid Akan Tanding di JIS Februari 2022 (taa/fas) jakarta internasional stadium jis jakarta jakpro jabodetabek

Artikel Asli

Sumber: detik.com

  • Bagikan