Awas ! Disdik Larang Sekolah Terima Kado Saat Bagi Rapot

0
35

[Kabid SD Dinas Pendidikan Kota Palembang Bahrin – Foto Arto/beritasebelas.com]

Arto

beritasebelas.com, Palembang – Jelang penerimaan raport siswa-siswi jenjang Sekolah Dasar (SD) akhir pekan 29 Juni 2019 nanti, pola pemberian kado menjadi perhatian serius oleh Dinas PendidikaN Kota Palembang.

Kendati pun hal tersebut bukan paksaan melainkan ucapan terima kasih, namun pihak Dinas Pendidikan melarang keras pola gratifikasi tersebut baik ke sekolah maupun guru.

“Kita sudah menghimbau tapi dari sisi lainkan juga orang sudah menjadi budaya, tidak bisa dihindarkan,” terang Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Kota Palembang, Bahrin, Selasa 25 Juni 2019.

Lanjut dia menegaskan agar pihak sekolah tidak memaksakan untuk meminta hadiah kepada wali murid, apalagi memberatkan wali murid, mungkin saja diantara wali murid tersebut yang kondisi ekonominya pas-pasan.

“Kalau anak mereka dibebani dengan dimintai hadiah itu sama saja memaksa, saya minta tidak ada sekolah yang seperti itu meminta hadiah yang sifatnya wajib,kalaupun ada kedapatan sekolah seperti itu pihak Disdik akan memberikan sanksi berupa teguran,”tegasnya.

Pemberian hadiah itu sebenarnya memang tidak wajib, tapi jika wali murid mampu dan merasa anaknya telah dididik selama di bangku sekolah dan mereka memberikan hadiah sebagai ucapan terima kasih yang sifatnya tidak memaksa tidak jadi masalah.

”Hadiah yang mereka berikan dalam artian sebagai rasa ucapan terima kasih atas jasa guru yang telah mendidik anak mereka mungkin bisa dimaklumi, asal sifatnya tidak memaksa dan kehendak pribadi wali murid,”pungkasnya

print