Beberapa Rumah Roboh Akibat Gempa M6,7 Banten, BMKG: Cari Tempat Aman

  • Bagikan

JAKARTA – Gempa dengan magnitudo 6,7 SR mengguncang wilayah Pandeglang, Banten, Jumat (14/01/2022) pukul 16.05 WIB. Sejumlah bangunan rumah dilaporkan roboh.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Deputi Bidang Geofisika Suko Prayitno mengimbau masyarakat sekitar untuk tetap waspada, terutama yang tinggal di rumah dengan usia bangunan cukup tua.

“Ada beberapa rumah yang mengalami kerusakan karena berdasarkan intensitas 6 MII, biasanya bangunan-bangunan yang tua, khususnya, struktur yang engga bagus biasanya sudah mulai rusak,” kata dia saat konferensi pers secara daring, Jumat (14/1/2022).

Bagi masyarakat yang tinggal di rumah dengan usia bangunan tua, Ia meminta untuk sementara mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Untuk sementara keluar rumah lah jangan ditempatin karena ditakutkan nanti menyebabkan roboh kalau ada goncangan kecil saja, bisa menyebabkan rumah itu rusak lagi,” kata dia.

Sebelumnya, Gempa bermagnitudo 6,7 itu menyebabkan beberapa rumah warga di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Munjul Kabupaten Pandeglang, ambruk.

Berdasarkan laporan visual yang diterima Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), tampak rumah tersebut mengalami kerusakan di bagian atap dan teras rumah.

Kendati demikian, pihak BNPB memastikan, tidak ada laporan korban jiwa atau luka-luka dalam peristiwa itu.

Sebelumnya 1 2 Selanjutnya #Gempa Jakarta #Gempa Banten #BMKG #gempa

Artikel Asli

Sumber: okezone.com

  • Bagikan