Belgia Usir Imam yang Pernah Serukan Bakar Orang Yahudi

  • Bagikan

Brussels –

Seorang imam asal Maroko yang menyerukan ‘pembakaran orang-orang Yahudi’ dalam sebuah video tahun 2009, telah diusir dari Belgia. Imam itu telah dilarang dari Belgia sejak Oktober lalu karena ditetapkan sebagai ancaman keamanan nasional.

Seperti dilansir AFP, Jumat (14/1/2022), kabar pengusiran imam masjid setempat bernama Mohamed Toujgani itu pertama diberitakan oleh televisi Belgia, VRT dan dikonfirmasi secara resmi oleh Menteri Luar Negeri Belgia Urusan Suaka dan Migrasi, Sammy Mahdi.

“Pria ini mungkin penceramah paling berpengaruh di Belgia,” tutur Mahdi dalam rapat di parlemen Belgia.

Toujgani menjadi imam Masjid Al-Khalil di Molenbeek hingga tahun lalu. Masjid tersebut merupakan salah satu tempat ibadah terbesar bagi umat Muslim di Belgia.

Baca juga: Komentar Homofobia di Dunia Maya Bikin Imam Asal Turki Diusir Belgia

Pernyataan otoritas Belgia menyebut izin tinggal untuk Toujgani telah dicabut sejak 12 Oktober lalu.

“Dia (Toujgani-red) cukup kontroversial selama beberapa waktu. Tahun 2009, dia kembali menyerukan pembakaran orang-orang Yahudi,” sebut pernyataan itu.

Video lama Toujgani kembali muncul tahun 2019 dan dia telah meminta maaf atas pernyataannya. Media lokal VRT menyebut Toujgani mengutip adanya ‘kesalahan’ dalam apa yang disebutnya ‘perang’ yang dikobarkan Israel terhadap Palestina di Jalur Gaza.

Selanjutnya Halaman 1 2 belgia imam maroko

Artikel Asli

Sumber: detik.com

  • Bagikan