Berhasil Ditangkap! Pria Penendang Sesajen di Kaki Gunung Semeru Jadi Tersangka

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM, Jakarta – Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko mengungkapkan bahwa pihaknya telah menetapkan Hadfana Firdaus (HF) sebagai tersangka.

HF merupakan pelaku penendang sesajen di kaki gunung Semeru beberapa waktu lalu.

“Pemeriksaan dilaksanakan Polda Jatim. Statusnya, iya sudah jadi tersangka,” ucap Gatot Jumat 14 Januari 2022.

Baca Juga: Hadfana Firdaus, Pria yang Tendang Sesajen di Semeru Ditangkap Polisi

Saat ini HF akan dijerat dengan pasal 156 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) terkait permusuhan, kebencian atau penghinaan terhadap suatu atau beberapa golongan rakyat Indonesia.

“Konstruksi hukum, perkenaan pasal yang akan digunakan adalah pasal 156 KUHP,” ucapnya dilansir dari CNN Indonesia.

Baca Juga: Hadfana Firdaus, Pria yang Tendang Sesajen di Semeru Ditangkap Polisi

Usai aksinya viral di media sosial, Hadfana dilaporkan oleh dua organisasi keagamaan yakni Prajaniti Hindu Indonesia Jawa Timur. Laporan itu diadukan ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Jatim Senin 10 Januari 2022.

“Kami menginginkan pelaku harus dicari tuntas karena umat beragama di Jatim sudah harmonis tidak ada gesekan,” ucap Wakil Kerja Bidang Hukum dan Politik DPD Prajaniti Hindu Indonesia Jatim I Ketut Swardana.

Selanjutnya laporan kedua oleh Pengurus Cabang GP Ansor Lumajang di polres yang bersangkutan. Mereka menuntut agar aksi intoleransi itu diusut tuntas.

Baca Juga: Hadfana Firdaus, Pria yang Tendang Sesajen di Semeru Ditangkap Polisi

Kemudian HF berhasil ditangkap pada hari Kamis 13 Januari 2022 di sekitar kediamannya di daerah Bantul, Yogyakarta. Lalu dikirim ke Polda Jatim untuk menjalani pemeriksaan.

“Berhasil diamankan di daerah Bantul, tadi malam [Kamis] pukul 22.30 WIB. Setelah koordinasi, kami bawa ke Polda Jatim sekitar jam 04.30 WIB sampai disini,” kata Gatot.

Penangkapan tersebut berkat hasil koordinasi Polda Jatim, Polres Lumajang, Polda Nusa Tenggara Barat, Polda Yogyakarta, dan Polda Jawa Tengah.

Diberitakan sebelumnya, beredar video di media sosial yang memperlihatkan seorang pria sedang membuang sesajen di kawasan Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang.

“Ini yang membuat murka Allah. Jarang sekali disadari bahwa inilah yang justru mengundang murka Allah, hingga Allah menurunkan azabnya. Allahu Akbar,” ucap pemuda dalam video tersebut.

Artikel Asli

Sumber: terkini.id

  • Bagikan