BNPB: Gempa Banten Dirasakan Sampai Cianjur dan Lampung

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengumumkan gempa bumi bermagnitudo 6,7 yang mengguncang wilayah Banten pada Jumat (14/1/2022) sore dirasakan hingga Cianjur dan Lampung.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan gempa bumi yang terjadi menimbulkan sejumlah kerusakan.

Beberapa di antaranya di Kecamatan Sumur dan Munjul, Kabupaten Pandeglang, mengalami kerusakan di bagian atap dan teras rumah.

“Laporan itu berasa dari BPBD Kabupaten Pandeglang. Gempa bumi tersebut juga terasa kuat selama 4 hingga 5 detik, di Pandeglang,” ujar dia di Jakarta, Jumat (14/1/2022).

Abdul menerangkan sejumlah warga hingga pegawai kantor di Jakarta terpantau berhamburan keluar gedung untuk menyelamatkan diri saat terjadi guncangan.

Menurut Abdul, BNPB juga mendapatkan laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur bahwa gempa bumi turut mengguncang Kabupaten Cianjur dan sekitarnya.

Selain itu, BPBD Kabupaten Lampung Barat juga melaporkan hal serupa.

Menurut kesaksian petugas BPBD Kabupaten Lampung Barat, guncangan terasa selama 2-3 detik.

Hingga saat ini, BPBD Kabupaten Pandeglang, BPBD Provinsi DKI Jakarta, BPBD Kabupaten Cianjur, dan BPBD Kabupaten Lampung Barat tengah melakukan kaji cepat dan koordinasi terkait gempa bumi.

“Belum ada laporan mengenai jatuhnya korban jiwa dan kerugian materiil masih dalam proses pendataan,” tuturnya.(*)

Jangan lewatkan video populer ini:

Artikel Asli

Sumber: genpi.co

  • Bagikan