Buat Kaca Mata Pintar, Siswa SMKN 2 Palembang Juara 1 Ajang TSL di Cikarang

0
46
Arto

beritasebelas.com,Palembang – Karya luar biasa dipersembahkan oleh tiga siswa SMK Negeri II Palembang yak ini Diva Aulia, Rian Firmansyah dan Rizal Wira Pambudi.

Pasalnya, ketiganya mampu membuat kaca mata pintar yang mengantarkan ketiganya menjuarai kompetisi Technology Science in Life (TSL) President University  di Cikarang belum lama ini.

“Iya kemarin kami juara 1, tidak menyangka awalnya. Ada banyak yang ikut termasuk Bekasi yang juara II,” ujar Ketua Tim Smart Glasses Diva Aulia, Jumat, 6 Maret 2020.

Dikatakan Diva, bahwa Smart Glassis atau kacamata pintar yang merupakan hasil karya ketiga siswa berprestasi inilah yang mengantarkannya mampu menyabet juara 1.

Diva menjelaskan, kaca mata pintar atau smart glassis ini dibuat selama kurang lebih 1 minggu dengan modal hanya Rp 256 ribu.

Senada dengan itu dikatakan Rian rekan timnya bahwa dalam smart glassis ini ada tiga fitur yang pendukung atau keunggulan yakni ada lampu led atau senter, ada kaca pembesar dan bisa menampilkan waktu atau jam terkini.

“Jadi sebagian besar bahannya memang ada yang kita beli dan bodinya itu kita manfaatkan barang bekas yakni dari derigen bekas,” beber siswa jurusan mekatronika ini.

Tambah Diva, sebenaranya kacamata pintar ini diciptakan untuk membantu saat mengelas atau bagi tukang las atau solder yang sangat berguna.

“Jadi kalau tukang solder itu kan harus teliti dan kacamata ini sangat cocok karena ada kaca pembesarnya, jika gelap ada senter dan juga ada penunjuk jam atau waktu ketika bekerja,” ungkap siswi kelas 11 ini.

Dikatakannya, saat melakukan persentase dihadapan juri. Ketiga siswa ini mengaku gugup karena ini pertama kalinya ikut lomba dan langsung menang.

“Saat ini kita sedang menyiapkan lagi untuk ikut lomba di ajang internasional tapi kita belum tahu kapan  dan dimana. Sekarang lagi menyiapkan lagi penemuan baru lainnya yang masih dirahasiakan,” pungkasnya. 

print