Corona Tak Kunjung Usai, Disdik Luncurkan Aplikasi Sumsel Cerdas

0
280
Arto

beritasebelas.com,Palembang – Guna memaksimalkan proses belajar mengajar dengan  metode dalam jaringan (daring) di tengah wabah Corona yang belum kunjung usai ini, pihak Dinas Pendidikan Sumsel meluncurkan aplikasi Sumsel Cerdas.

Aplikasi ini merupakan layanan belajar mengajar secara online yang lebih lengkap dalam proses pengawasan antara guru dan murid secara berkala. Sehingga tanpa tatap muka, proses belajar akan maksimal dan tepat sasaran.

Kepala SMA Negeri 1 Palembang Nasrul Bani mengatakan bahwa aplikasi Sumsel Cerdas ini beda dengan aplikasi lain dimana guru bisa memantau siswa dengan lebih maksimal.

“Karena kita tidak ingin selama belajar daring ada yang belajar seenaknya saja, ini lebih tertata, kapan dan jadwalnya juga seperti sekolah biasa hanya bedanya lewat aplikasi,” ujar Nasrul usai sosialisasi Aplikasi Sumsel Cerdas di SMA Negeri 1 Palembang, Sabtu 4 April 2020.

Menariknya lagi kata Nasrul bahwa aplikasi ini bisa dipantau oleh siapa pun sehingga tak hanya dua arah antara guru dan murid tapi juga orang tua, kepala sekolah, kepala dinas termasuk gubernur sekalipun.

“Senin nanti kita mulai terapkan, aplikasinya juga sudah siap diunduh di play store dan jika hasilnya maksimal maka kita tawarkan untuk di sekolah lain juga,” urainya.

Sementara itu dikatakan Plt Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs H Riza Pahlevi MM mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi dengan adanya gagasan dan penerapan aplikasi Sumsel Cerdas.

“Jadi sesuai himbauan saya bahwa kita belajar daring sampai tanggal 25 April, namanya daring pasti ada kelebihan dan kelemahan. Nah aplikasi Sumsel Cerdas ini kita harapkan jangan hanya proses belajar saja tapi bisa juga memberikan pembinaan karakter dan tingkah laku,” jelasnya.

Untuk itu Riza mengajak kepada guru agar membuka cakrawala berpikir agar terus meningkatkan wawasan tentang teknologi. Jangan sampai gagap teknologi atau gaptek sehingga aplikasi Sumsel Cerdas ini bisa berjalan dengan maksimal.

print