Dahsyatnya Gempa Banten, Sejumlah Rumah Luluh Lantak

  • Bagikan

JAKARTA – Gempa bumi berkekuatan M6,7 yang berpusat di Sumur, Banten juga mengguncang sejumlah daerah di Jawa Barat, Jumat (14/1/2022).

(Baca juga: Gempa M6,7 Guncang Banten, Ini Sejarah Lengkapnya Beserta Tsunami di Selat Sunda)

Guncangan yang terjadi saat gempa berlangsung cukup lama. Terpantau sejumlah warganet di Twitter mengaku mengalami gempa tersebut selama lebih dari 30 detik.

Gempa ini ternyata menyebabkan sejumlah rumah ambruk. Foto rumah yang luluh lantah tersebut telah diabadikan di akun Instagram @bsihumanity.

 (Baca juga: Gempa M6,7 Banten Akibatkan Sejumlah Bangunan di Pandegelang Rusak)

Dalam unggahannya itu, akun ini memperlihatkan sejumlah sisi berbeda atas ambruknya rumah-rumah tersebut. Terlihat genteng, pagar, tembok, serta atap rumah jatuh ke tanah dan menyebabkan puing-puing.

Perumahan tersebut diduga berada di daerah Banten. Foto perumahan warga ini diunggah pada Jumat sore dan belum banyak mendapat reaksi dari warganet.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, dari laporan visual yang dihimpun dari lapangan, beberapa rumah warga di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Munjul Kabupaten Pandeglang, mengalami kerusakan di bagian atap dan teras rumah.

“Guncangan gempabumi juga dirasakan hingga wilayah Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya. Beberapa warga maupun pegawai kantor sempat berhamburan keluar gedung untuk menyelamatkan diri saat terjadi gempabumi,” kata Abdul.

BPBD Kabupaten Cianjur juga melaporkan bahwa guncangan gempabumi itu juga sempat dirasakan di wilayah Kabupaten Cianjur dan sekitarnya.

Adapun BPBD Kabupaten Lampung Barat juga melaporkan hal yang sama, bahwa guncangan gempabumi dirasakan hingga 2-3 detik di wilayah Kabupaten Lampung Barat.

Mengutip akun Twitter resmi @infoBMKG, Gempa Magnitudo 6.7 dengan kedalaman 10 km, pada pukul 16:05:41 WIB di koordinat: 7.01 LS-105.26 BT (52 km BaratDaya SUMUR-BANTEN), dan tidak berpotensi tsunami.

Sebelumnya 1 2 Selanjutnya #Gempa Jakarta #Gempa Banten #Gempa M67 Banten

Artikel Asli

Sumber: okezone.com

  • Bagikan