DD Sumsel Berikan Bantuan Seragam Sekolah dan Pengobatan Buat Korban Banjir

0
42
Anugrah

beritasebelas.com,Lahat – Jika sehari sebelumnya Dompet Dhuafa (DD) Sumatera Selatan (Sumsel) memberikan bantuan sembako pada korban banjir bandang dilima kecamatan di Kabupaten Lahat, kini bantuan difokuskan pada seragam sekolah buat siswa-siswi di Sekolah Dasar 02, Desa Tanda Raja, Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat, Selasa 14 Januari 2020.

Sebanyak 45 stel seragam sekolah diberikan DD Sumsel, kepada siswa-siswi yang tidak mempunyai seragam, karena hanyut terbawa banjir.

“Setelah banjir terjadi, mereka sekolah mengunakan pakaian biasa, jadi kita bantu seragam sekolah,” ucap Staf Divisi Program Sosial dan Dakwah Ahabba Tholibin, Selasa 14 Januari 2020. 

Sekolah Dasar 02 Desa Tanda Raja, Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat, diungkapkan Ahabba, sampai sejauh ini belum tersentuh bantuan khususnya seragam sekolah. 

Oleh karena itulah, saat DD Sumsel datang dengan membawa seragam sekolah, jelas terlihat raut wajah gembira dari para siswa ataupun guru.Tak hanya seragam sekolah, para siswa ini juga membutuhkan perlengkapan belajar seperti buku, pena, pensil, tas dan lain sebagainya.

Begitupun fasilitas belajar, seperti meja dan kursi juga mereka butuhkan. Itu karena, terjangan banjir bandang, menyebabkan beberapa meja terbawa arus.

“Untuk sementara, saat proses belajar, kami lihat ada satu mejanya harus di isi empat siswa,” ungkapnya.

Dompet Dhuafa Sumsel, kembali akan mengalang dana dan berharap masyarakat Sumsel bisa memberikan donasi, untuk dapat meringankan beban dari korban banjir bandang di Lahat. 

Sementara itu, di tempat berbeda, Klinik Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) yang menerjunkan dokter Emir, Randy (perawat), Rio (perawat) dan Aryadi Ali Usman, terus bekerja memberikan pengobatan gratis buat mereka yang terkena dampak banjir.

Tim LKC memusatkan layanan pengobatan, di Desa Gunung Kembang, Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat. Daerah ini dipilih, karena di sini warga mulai menggeluhkan gatal-gatal, diare, dan batuk, flu dan demam. 

“Dokter dan perawat kita perbantukan untuk membantu memberikan pelayanan kesehatan buat korban banjir di Lahat,” kata Supervisor Klinik LKC DD Sumsel Uswatun Hasannah.

Sebelumnya, Klinik LKC telah menerima laporan dari tim assessment jika di Desa Kembang, Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat, mengalami kerusakan cukup parah akibat banjir bandang. Kondisi kesehatan warga pun mulai menurun. 

“Sehingga kita adakan giat aksi layan sehat kepada korban banjir bandang,” ujarnya. 

print