Demo Tolak UU Cipta Kerja, Buruh Sholat Jumat di Depan Gedung DPR

  • Bagikan

JAKARTA, BERITASEBELAS.COM – Massa buruh menyempatkan sholat Jumat di sela waktu mereka melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung DPR RI Jakarta Pusat, Jumat (14/1/2022).

Hari ini di depan Gedung DPR RI, massa buruh dari berbagai organisasi melakukan aksi unjuk rasa. Tuntutan mereka dalam unjuk rasa ini merupakan pencabutan Undang-Undang Cipta Kerja atau Omnibus Law.

Gambang Mulyadi salah satu anggota Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI) mengatakan aksi unjuk rasa akan dilanjutkan ketika selesai Sholat Jumat.

Baca juga: Lalu Lintas Padat Imbas Demo Buruh di Depan Gedung DPR, Pengendara Diizinkan Lewat Jalur Transjakarta

“Sholat Jumat dulu. Nanti selepas sholat Jumat kita lanjutkan aksinya,” ujarnya saat ditemui di lokasi unjuk rasa, Jumat (14/1/2022).

Jalan yang menjadi tempat buruh untuk sholat Jumat, para buruh saling bahu-membahu untuk menggelar spanduk sebagai alas sholat. Selain itu ada juga yang menggunakan koran atau kardus bekas tempat air mineral.

Panggilan azan sholat Jumat berkumandang pukul 12.04 WIB. Massa buruh yang hendak menjalankan sholat Jumat mempersiapkan dirinya masing-masing mulai dari berwudhu sampai mencari tempat untuk melaksanakan sholat Jumat.

Baca juga: Politikus PKS Minta Pemprov DKI Pertimbangkan Setop Sementara PTM 100 Persen

Mereka berwudhu satu per satu menggunakan air mineral yang terbatas. Selain itu, ada juga buruh yang mengganti wudhu-nya dengan tayamum.

“Yang belum bisa wudhu, kita bisa ganti dengan tayamum,” jelas suara muncul dari mobil orasi.

Meskipun keterbatasan fasilitas, para buruh tetap menjalankan sholat Jumat dengan tertib dan fokus saat mendengarkan khatib berceramah.

Selepas mereka melaksanakan sholat Jumat, massa buruh kembali merapatkan barisannya guna menyampaikan aspirasi-aspirasi atas tuntutan yang mereka ingin sampaikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel Asli

Sumber: kompas.com

  • Bagikan